Pasar Kembang Pasca Terbakar, Pedagang Pilih Lokasi Relokasi
Pasca terjadinya peristiwa kebaran, Pasar Kembang Surabaya masih belum mengalami perbaikan. Hal ini membuat para pedagang yang terdampak pun berjualan di halaman pasar.
Humas PD Pasar Surya Kota Surabaya, Zaini mengatakan, lantai dua Pasar Kembang masih dilakukan pembersihan. Dirinya pun belum bisa memastikan kapan perbaikan bakal dilakukan di lokasi tersebut.
“Belum (perbaikan), ini masih pembersihan, sejak hari Sabtu masih pembersihan, perbaikan secepatnya, rentang waktu masih belum menentukan tapi secepatnya,” kata Zaini, kepada Ngopibareng.id, Rabu, 1 September 2021.
PD Pasar, kata Zaini, saat ini masih melakukan pengecekan dampak dari kebakaran beberapa waktu lalu. Hal tersebut untuk memastikan, apakah lantai dua pasar akan mengalami perbaikan atau tidak. “Jadi menunggu assesemennya nanti rekomendasinya seperti apa, perbaikan atau bagaimana, kita menunggu itu, perbaikanya apa,” ujarnya.
Zaini melanjutkan, karena belum dilakukan perbaikan, Sejumlah pedagang di Pasar Kembang, hingga kini masih di relokasi di Halaman. Hal itu berlangsung sejak lantai dua pasar tersebut terbakar. “Relokasinya tetap di halaman Pasar Kembang, sudah sejak Selasa malam,” ucapnya.
Relokasi di halaman Pasar Kembang tersebut sesuai dengan permintaan para pedagang. Kemudian, pihaknya meneruskan untuk minta perizinan ke pihak kepolisian setempat, dan diperbolehkan. “Saat sosialiasi dengan perwakilan pedagang, itu muncul (opsi) di halaman pasar, terus kita lapor ke kepolisian akhirnya diperbolehkan,” jelasnya.
Sebelumnya, PD Pasar Surya juga menyediakan tiga lokasi, yakni Pasar Babakan, Pasar Tambak Rejo, dan Kantor PD Pasar Surya. Namun hal itu tidak jadi dilakukan. “Semuanya kan bersifat alternatif, halaman pasar (Kembang) juga alternatif. Tapi jadinya di halaman,” tutupnya.
Advertisement