Pariwisata dan E-commerce Sektor Ekonomi yang Strategis
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai dua sektor ekonomi yang memiliki potensi strategis untuk dikembangkan adalah pariwisata dan e-commerce.
"Pertama yaitu pariwisata, karena hasilnya cepat, dampak kepada lapangan kerjanya juga cepat dan dampak ke penghasilan yang cepat dan penghasilan devisanya jalan," kata Kepala BKPM Thomas Lembong ditemui usai rapat terbatas mengenai investasi dan perdagangan bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018.
Menurut Thomas, selain menggali potensi keindahan alam dan budaya, sektor pariwisata juga menciptakan banyak lapangan kerja di bidang jasa.
Kemudian bidang e-commerce, kata Thomas, juga memberikan angka investasi yang besar pada 2017 lebih dari 5 miliar dolar AS.
"Itu sudah separuh dari investasi tahun lalu di sektor Migas. Jadi nilainya besar sekali dan pertumbuhannya tinggi sekali," tutur Kepala BKPM.
Dia mengatakan pertumbuhan di bidang e-commerce mencapai 50-80 persen year on year (yoy).
Selain itu, pemerintah juga akan mengundan investor di bidang e-commerce, baik dari Silicon Valley Amerika Serikat maupun Eropa dan Jepang serta Tiongkok. (ant)