Nilai 1000 Untuk Pelayanan JKN-KIS
Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan program yang dirasakan manfaatnya hampir oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan program ini dinilai merupakan program yang memberikan manfaat besar dan nyata bagi seluruh kalangan. Salah satu yang merasakan pelayanan dari JKN-KIS ini adalah Awalludin dan Siti Aminah warga dari Lombok Timur.
Saat dikunjungi tim jamkesnews pada Rabu, 26 Februari 2020, Awalludin dan istrinya merasa bahagia dan menceritakan pengalamannya menggunakan JKN-KIS selama anaknya di rawat di Klinik Permata Cinta.
“Pelayanan JKN-KIS sangat bagus, waktu kemarin kami ke klinik, anak kami langsung ditangani dan diberikan makanan oleh petugas medis. Pelayanannya memang bagus,” cerita Awalludin mengawali pembicaraan dengan antusias.
Febrina Widya Sari yang merupakan anak dari pasangan Awalludin dan Siti Aminah yang saat itu di rawat di rumah sakit adalah peserta JKN-KIS dengan segmen kepesertaan PBI APBN yang iurannya dibayarkan olehpemerintah setiap bulannya. Saat berkunjung ke klinik Febrina terbaring lemah, ia didiagnosa demam berdarah dan sudah dirawat inap selama dua hari.
“Demam tinggi selama satu minggu dan Allhamdulillah sekarang kondisinya sudah baik, petugas medis langsung melayani dengan baik bahkan sering mengontrol, bukan setiap hari lagi tetapi setiap menit,” ujar Awalludin.
Menurut Awalludin dan istri, tidak ada perbedaan layanan yang mereka dapatkan, bahkan saat anaknya harus dirawat di rumah sakit saat itu untuk ruang rawat inap kelas 3 sudah full yang merupakan haknya, ia ditempatkan di ruang VIP yang merupakan ruangan satu-satunya yang tersisa saat itu tanpa harus naik kelas dan biaya tambahan.
“Pokoknya jadi Peserta JKN-KIS enggak ada susahnya dan ribetnya,” ujar Siti Aminah.
Awalludin dan istri berharap agar program JKN-KIS terus ada karena sangat membantu dan berharap menjadi peserta JKN-KIS selama-lamanya.