Ngendonesa Bangettt, Bus-bus di Paris Dibranding Wonderful Indonesia
PARIS: Jangan heran kalau pas melangkah ke Kota Paris ya... Anda bakal menemui suasana sedikit mirip dengan di negeri sendiri. Seperti di Jakarta atau di Surabaya. Di kota besar seperti ini banyak lalu lalang bus kota, juga bus antarkota, yang badan bus-nya terbranding oleh sesuatu produk. Produk apa saja, termasuk diantaranya adalah produk pariwisata.
Di Kota Paris, Perancis, Wonderful Indonesia unjuk gigi disana. Puluhan bus open tours bergambar destinasi milik Indonesaia mewarnai kota yang terkenal dengan lanskap Menara Eiffel itu. Branding Wonderful Indonesia itu mulai tanggal 12 September 2017, kemarin, hingga 9 Oktober 2017 mendatang. Bus-bus itu dibranding mirip ketika EURO cup tahun lalu.
Bus-bus pariwisata itu dibungkus dengan desain destinasi wisata andalan tanah air. Jumlah bus berbungkus Wonderful Indonesia 16 buah. Desain bus-nya cantik, bus tur terbuka tanpa atap. Disana terpampang dekorasi gambar-gambar indah pemandangan Candi Borobudur, penari-penari Bali yang cantik, komodo yang langka, Danau Toba yang indah di Sumatra Utara, kecantikan Raja Ampat, dan senyum orang Indonesia yang penuh Pesona.
Biaya promosi Wonderful Indonesia sangat terbatas, itu disadari Menteri Pariwisata Arief Yahya. Karena itu harus menggunakan banyak cara agar branding yang sudah berada di posisi 47 dunia itu tidak melorot. Harus dimaintain dengan baik dan tepat.
Untuk menyiasati budget, Menpar Arief melakukan co branding. Mencari momentum. Memilih media promosi yang pas. Bus, trem, kereta, taxi, public transportation yang bergerak itu, ternyata lebih efektif, lebih viral, dan mewarnai media sosial.
Branding bus-bus di Paris itu, menurutnya, akan memberi umpan kepada masyarakat Prancis untuk bahan bermain di medsos. "Sangat efektif. Wonderful Indonesia jadi makin dibicarakan publik di dunia nyata dan dunia maya. Yang hobi narsis, malah bisa dijadikan ‘senjata’ untuk posting dan menjadi viral di digital," katanya.
Tahun lalu, kunjungan wisman Prancis ke Indonesia meningkat 19,8 persen dibandingkan dengan 2015. Dari 209.466 orang, naik menjadi 250.921 wisman. "Angka ini melebihi target yang ditetapkan Kementerian Pariwisata yang membidik 250.000 orang di 2016," ungkapnya.
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana mengatakan, bus bertingkat yang berkeliling kota Paris menjadi sarana mempromosikan Wonderful Indonesia kepada masyarakat Perancis dan juga wisatawan yang berkunjung ke Paris.
"Promosi ini akan menunjukkan dan mengomunikasi tentang keindahaan alam Indonesia dan kebudayaan ramah tamah bangsa Indonesia, kita harus terus tampil elegan dan di tempat-tempat yang vital," ujar Pitana.
Sementara itu, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) France yang dipimpin Eka Moncare mengatakan, bulan September akan penuh dengan aktivitas untuk mempromosikan Wonderful Indonesia dalam skala pemasaran penuh B to B dan B to C dalam rangka menjaring target wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.
Menurut Eka, Perancis merupakan pasar sangat berpotensial untuk Indonesia. Dengan penduduk 66 juta orang. Indonesia merupakan salah satu negara favourit bagi orang Perancis.
"Tahun ini Indonesia menjadi negara Top 5 pilihan orang Perancis. Apalagi sekarang, tidak diperlukan visa untuk berkunjung ke Indonesia selama 30 hari maksimum, minat mereka meningkat luar biasa," ujar Eka. (*/idi)