New Madone SLR, Bye IsoSpeed Welcome IsoFlow
Desain spektakuler lagi-lagi dikenalkan oleh Trek. Setelah tahun 2012, Trek mengubah varian Madone yang awalnya untuk climbing menjadi sepeda aero.
Tidak hanya mengubah geometri frame, tetapi juga membuat terobosan baru. Yakni ada IsoSpeed decoupler yang dipasang di pertemuan top tube, seat tube. Sebuah perangkat kenyamanan yang mengandalkan bearing.
Selain itu, ada flip di headtube yang akan membuka seiring handlebar dibelokkan. Lantas berkembang lagi menjadi IsoSpeed yang bisa disetel tingkat kekerasan dan keempukannya. Tanpa mengurangi tingkat kekakuan frame.
Hingga terakhir, New Madone SLR generasi ketujuh yang baru saja diluncurkan ini tidak lagi menggunakan IsoSpeed. Mereka menggantinya dengan IsoFlow.
Unik, dengan lubang di bagian seat tube yang besar. Jadi seat tube tidak menyambung dari atas sampai bottom bracket. Tepat di bawah top tube, seat tube bercabang seperti huruf Y.
Cabang itu memegang seat stay yang lebih rebah dari Madone lama. Tujuan dibuat lubang itu adalah untuk aerodinamika.
Jadi melancarkan udara yang berhembus dari depan dan kadang terjebak di bagian tengah frame. Sistem ini mirip dengan DRS yang ada di mobil F1. Yang menggunakan flip di bagian sayap belakang sehingga udara dapat lewat lebih lancar demi aerodinamika.
Tak hanya itu, keunikan lain adalah seat mast (dudukan sadel) dibuat cantilever.
Jadi menggantung tidak bertumpu pada seat tube seperti sepeda pada umumnya. Sehingga Trek mengklaim bahwa sistem ini memberikan kenyamanan yang sama dengan menggunakan IsoSpeed.
Dengan desain frame yang baru total ini, Trek mengklaim frame new Madone SLR ini lebih ringan 300 gram dibandingkan versi lama.
Dengan bentuk frame yang berubah total, Trek masih mempertahankan bentuk tube Kammtail untuk frame-nya.
Hasilnya nyata, new Madone SLR ini lebih cepat 60 detik per jam daripada Madone versi sebelumnya. Saat diukur dalam kecepatan 45 km/h.
Dan dipadukan dengan bentuk handlebar/stem yang berbeda. Membuat pembalap dapat menghemat 19 watt untuk mencapai speed 45 km/h. Terbagi 9,3 watt hasil dari bentuk frame yang baru. Dan 9,7 watt dari posisi aerodinamis hasil penggunaan handlebar/stem model baru. Yakni 3 cm lebih flare untuk bagian bawah.
Headtube menggunakan H1.5, yang cukup agresif untuk pembalap pro, dan cukup nyaman untuk cyclist biasa.
New Madone SLR ini menggunakan karbon OCLV800 dengan bottom bracket T47 dan standar 142x12 mm dan 100 x 12mm thru axle. Dengan flat mount disc brake dengan rotor 160 mm.
Meskipun ini sepeda aero, tetapi Trek bisa melepas dudukan hanger depan. Jadi bisa menggunakan single chainring depan untuk mengejar ringan dan aero.
Frame New Madone SLR ini hanya bisa dipasangi sistem elektrik.
Advertisement