Mobilman.id Gunakan AI, Digandeng Kompas Gramedia
Oleh: Djono W. Oesman
Teknologi Informasi (IT) memanjakan hidup manusia. Artificial Intelligence (AI) lebih memanjakan lagi. Teknologi AI diterapkan di start-up market place mobil seken, Mobilman.id, yang baru digandeng Kompas Gramedia.
CEO (Chief Executive Officer) Mobilman.id, Danang Wikanto, kepada pers, Senin (24 Januari 2022) mengatakan:
"Zaman dulu, orang mau beli mobil seken, menghubungi calo. Yang tahu mobil dijual dari omongan orang, mulut ke mulut. Setelah deal, calon dapat komisi. Dari kiri-kanan."
Dilanjut: "Zaman berkembang, ada iklan jual-beli mobil seken di koran. Pos Kota paling top. Calon penjual bayar iklan. Calon pembeli mengamati beberapa mobil target. Lantas, pembeli keliling kota mendatangi target-target."
Dilanjut: "Berkembang lagi, iklan mobil online. Penjual bayar iklan. Pembeli mengaduk-aduk online itu, mencari mobil target. Lalu penjual didatangi."
Mobilman.id punya tombol "Cariin Mobil". "Di tombol itu, keinginan calon pembeli mobil seken, ada semua: Merek mobil, model, tahun, harga, lokasi penjual. Bahkan, pembeli budget berapa, ingin mobil apa, banyak pilihan. Karena kami menggunakan teknologi AI," kata Danang.
Danang: "Buat penjual dan pembeli, gratis. Nol biaya. Sebab, kami publisher."
Karenanya, sejak awal tahun ini Mobilman.id digandeng Kompas Gramedia. Dalam kerjasama iklan. Mobilman.id jadi kepanjangan tangan Kompas Gramedia untuk iklan mobil seken.
Bermula dari Youtuber
Danang adalah founder sekaligus CEO Mobilman.id. Diceritakan, berawal saat ia menjadi YouTuber bidang otomotif. Nama channel: DWA Project. Khusus mobil merek BMW.
Ia ahli tentang mobil BMW berbagai model. Di DWA Project, ia melakukan review aneka BMW. Channel hidup. Digemari para pecinta BMW. Karena jadi jembatan antara penjual dengan peminat.
Akhirnya, dia menciptakan sendiri marketplace yang menyediakan layanan jual dan beli mobil bekas. Kerjasama dengan tim IT yang handal. Marketplace tersebutlah yang kemudian menjadi Mobilman.id.
Dalam memperluas pangsa pasarnya, Mobilman.id tidak melakukan promosi besar-besaran dengan membakar uang, melainkan dengan aktif di media sosial dan forum-forum otomotif.
“Kunci agar perusahaan rintisan dapat bertahan dalam segala kondisi adalah dengan menekan pengeluaran,” ujar Danang.
Terbukti, sejak diluncurkan Februari 2021, laman Mobilman.id telah dikunjungi 63.000 orang per bulan. Tingkat visibilitas mobil yang diiklankan pengguna di laman, cukup tinggi. Rata-rata, terdapat lebih dari 11.000 iklan mobil aktif.
Tidak sekadar jual beli mobil
Selain menghadirkan market place mobil seken, laman Mobilman.id juga menyediakan artikel dan video ulasan mobil.
Layanan ini tentu membuat pengguna Mobilman.id semakin paham seluk-beluk dunia otomotif, khususnya mobil. Mobilman.id punya aplikasi Play Store dan App Store.
Mobilman.id kini mengembangkan fitur-fitur pendukung layanan otomotif lainnya. Marketplace bengkel, spare part, asuransi mobil, dan berbagai kebutuhan mobil lainnya.
Mobilman.id jadi platform one stop solution bidang otomotif. Pengguna tidak perlu repot mencari berbagai platform untuk kebutuhan otomotif.
Untuk informasi lebih lanjut seputar jual beli mobil bekas di Mobilman.id, Anda dapat mengunjungi akun Instagram ( instagram.com/mobilmanid ). Juga Twitter ( twitter.com/mobilmanid ) dan Facebook facebook.com/mobilman.id. (*)
Advertisement