Milenial Lebih Gemar Transaksi Nontunai
Sebuah riset yang dilakukan perusahaan penerbit konten digital Brilio.net dan JakPat Mobile Survey menemukan bahwa kebanyakan generasi millenial Indonesia lebih menyukai transaksi secara nontunai baik melalui kartu debit, kartu kredit maupun uang elektronik.
"Dari riset itu, kami menemukan 63 persen millenial Indonesia mengaku memerlukan kartu kredit dan 66 persen mengaku merasa kesulitan mengetahui kartu kredit apa yang terbaik untuk kebutuhan mereka," kata CEO dan Co-founder Brilio.net Joe Wadakethalakal, Kamis, 4 Januari 2018.
Riset dilakukan terhadap 1.021 responden berusia 21 tahun hingga 37 tahun di 34 kota besar di Indonesia.
Riset ini juga menemukan mayoritas pengeluaran kartu kredit millennial paling banyak dilakukan untuk pembelian alat elektronik (27 persen), makanan dan minuman (25 persen), traveling (23 persen) dan fashion (15 persen).
"Karena itu, kami meluncurkan FULUS, platform daring yang akan membantu kalangan millenial untuk membuat keputusan keuangan dengan membandingkan berbagai produk kartu kredit yang ada di pasaran," tuturnya.
Joe mengatakan setiap orang memiliki keperluan yang berbeda-beda dan setiap kartu kredit menawarkan keuntungan yang berbeda-beda pula.
Karena itu, FULUS akan memberikan perbandingan lengkap seputar fasilitas kartu kredit, persyaratan, informasi biaya dan denda, perbandingan kelebihan dan kekurangan, serta memberikan rekomendasi kartu kredit yang sesuai keperluan.
FULUS akan memberikan rekomendasi dengan pengelompokan kartu kredit terbaik untuk kategori "travel", "dining", "cashback", "retail", "low interest", "rewards", "first card" dan lainnya.
"Dengan begitu, para penggemar traveling, pecinta kuliner, penggemar fashion, hingga para wanita yang gemar melakukan perawatan kecantikan akan mengetahui kartu kredit apa saja yang paling banyak memberikan manfaat untuk kebutuhann mereka," katanya.
FULUS merupakan hasil kerja sama Brilio.net dengan perusahaan teknologi keuangan yang baru berdiri, Cermati. Cermati memberikan dukungan dalam hal data perbankan dan proses pengajuan aplikasi kartu kredit. (frd)