Migrasi, 500 Ribu Pelanggan Telkomsel Tinggalkan 3G Per Bulan
Perusahaan operator seluler PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) getol mendorong migrasi jaringan penggunanya, dari 3G menuju 4G dan LTE. Proses yang berlangsung sejak Maret hingga saat ini dilakukan mengikuti rencana pemerintah yang hendak mematikan jaringan 3G.
Migrasi Telkomsel
"Telkomsel memastikan tetap menjaga kenyamanan seluruh pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan dari Telkomsel selama rangkaian proses upgrade jaringan masih berjalan sampai dengan selesai," kata Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho, dalam siaran pers, Jumat 22 Juli 2022.
Migrasi ke jaringan 4G tahap ketiga berlangsung mulai Juli, Telkomsel menargetkan ada 143 kota dan kabupaten yang masuk dalam pengalihan tahap ini. Tahap selanjutnya akan menyesuaikan pada kesiapan ekosistem 4G di wilayah tersebut.
"Kami berharap proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE dan percepatan migrasi pelanggan dapat membuka peluang lebih luas bagi masyarakat sampai pelosok negeri, melalui pemanfaatan teknologi akses broadband berteknologi digital terdepan dari Telkomsel," kata Nugroho dikutip dari Antara.
Migrasi ke 4G tahap pertama berlangsung pada Maret-Mei di 86 kota dan kabupaten, sementara tahap kedua selesai pada Juni di 91 kota dan kabupaten.
Hingga migrasi kedua, operator seluler tersebut menemukan peningkatan jumlah pelanggan yang migrasi ke uSIM 4G yaitu 500.000 pelanggan per bulan. Selama migrasi, mereka memberikan layanan beralih ke 4G secara dalam jaringan dan luar jaringan dan promosi paket kuota data.
Secara online, Telkomsel menyediakan toko resmi di sejumlah lokapasar untuk konsumen mengganti atau menukarkan kartu non-4G ke uSIM 4G, antara lain melalui Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan JD.ID. Penggantian atau penukaran kartu juga bisa dilakukan di situs resmi GraPARI.
Kartu uSIM 4G akan dikirim ke alamat tujuan. Ada pun syarat-syarat penggantian kartu bisa ditanyakan melalui aplikasi MyTelkomsel atau akun media sosial resmi Telkomsel.
Sementara untuk layanan offline, konsumen bisa mengunjungi gerai GraPARI dan pastikan data registrasi uSIM sudah sesuai.
Telkomsel menyarankan konsumen mengecek ketersediaan jaringan 4G di wilayah mereka sebelum menukar kartu ke uSIM 4G, yaitu dengan menghubungi 88847#.
Sikap Kominfo
Kominfo mendorong operator seluler untuk menghapus layanan sinyal 3G. Pertimbangan efisiensi biaya dan keterbatasan frekuensi jadi penyebab mengapa Kominfo meminta hal tersebut.
Layanan sinyal 3G sengaja dipilih untuk dihapus, dan bukan 2G. Menteri Kominfo Johnny Plate menyebut layanan 2G sengaja dipertahankan lantaran digunakan untuk komunikasi suara.
Sedangkan, layanan 3G memiliki fungsi serupa dengan 4G, namun dengan kecepatan data yang lebih lamban.
Pemerintah pun melakukan sejumlah upaya mengikuti rencana suntik mati layanan 3G. Di antaranya adalah memastikan layanan 4G telah masuk di wilayah tersebut, dengan melengkapi infrastrukturnya.
Sehingga, konsumen tidak kehilangan layanan data, bila sinyal 3G telah mati.
"Secara bertahap agar fade out 3G digantikan 4G. Kami juga tidak menunggu 3G selesai di fade out (operator seluler) melalui Bakti (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) Kominfo juga akan melakukan pembangunan BTS 4G di wilayah 3T," kata Johnny Plate, dikutip dari CNCB Indonesia, Minggu 17 Juli 2022.
Targetnya, pemerintah ingin jaringan 4G bisa tersedia di seluruh Indonesia, di akhir tahun 2022. Pemerintah juga melakukan analisis tentang perangkat yang dimilik warganya, sebelum operator menghapus layanan 3G sepenuhnya.