HMC Gelar Seminar untuk Hadapi Era Society 5.0 Layanan Kesehatan
Industri kesehatan perlu mempersiapkan diri dalam menyambut era disrupsi industri 4.0 menuju society 5.0. Guna mempersiapkan diri dalam menghadapi era society 5.0, Healthcare Marketing Club (HMC) mengadakan seminar bertajuk "Mengelola Jasa Layanan Kesehatan di Era 5.0 Bertahan atau Menyerang".
Seminar yang digelar Jumat, 10 Juni 2022 ini ditujukan untuk semua marketing rumah sakit di wilayah Surabaya dan sekitarnya, sekaligus juga sebagai ajang halal bihalal.
Dalam paparannya, Budi Setiono S.T. MARS, yang ditunjuk sebagai pembicara mengatakan, dalam menghadapi era 5.0 yang penting dilakukan adalah diversifikasi produk atau layanan, dalam hal ini ialah inovasi.
"Era society 5.0 ini kan tidak ada batasan. Semua bisa diiklankan dan dipromosikan. Masalahnya, kalau bertahan atau menyerang, berarti harus ada unggulan produk dari lainnya," ujar salah satu pendiri HMC ini.
Menurutnya, posisi bertahan atau menyerang dalam era 5.0 ini bergantung pada keadaan RS masing-masing.
"Kalau memang memiliki produk terbaru boleh dong dia menyerang. Tapi kalau produk unggulan tak ada dan kebutuhan banyak berarti dia harus bertahan. Ini bergantung pada assessment setiap RS," terangnya.
Ia menjelaskan, dalam melakukan promosi pada media sosial mengenai layanan kesehatan yang harus ditonjolkan tentunya kepastian. Kepastian dalam hal ini, ujar Budi, kepastian layanan dan kepastian harga.
"Yang jelas harus pasti adalah variabel, tangible, insurance, empati dan responsive harus ditonjolkan. Bagaimana yang tidak dibutuhkan pasien juga harus dilayani dengan hati," jelasnya.
Kesiapan dalam menghadapi era 5.0, tambahnya, juga merupakan kesiapan dalam menjalankan medical tourism yang mulai dilalukan oleh Kota Surabaya.
"Terkait medical tourism. Orang sekarang membuka layanan di luar layanan yang ada sekarang, artinya diversifikasi produk itu penting dan diketahui orang lain salah satunya lewat media sosial," tandasnya.