Menparekraf Gandeng Shopee Dukung UKM Lokal Go Internasional
Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, memberi dampak positif bagi dunia usaha, termasuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Banyak pelaku UMKM dari Sidoarjo yang memanfaatkan platform digital Shopee untuk memasarkan hasil kreativitasnya.
Menteri Pariwisata dan Perekonomian Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menggandeng platform digital e-commerce Shopee untuk mendukung produk UMKM lokal agar semakin berkembang hingga ke mancanegara, melalui program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022, yang digelar di Lippo Plaza Sidoarjo.
Sandiaga Uno mengatakan, AKI 2022 merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf yang menyasar 16 kabupaten dan kota di Indonesia. Ditargetkan ada 20 juta UMKM yang terdigitalisasi di akhir 2023 dan onboarding di platform e-commerce, agar produk ekonomi kreatif Indonesia tidak hanya bisa Go-Nasional tapi juga Go-Internasional.
"Kita terus meningkatkan jumlah pelaku ekonomi kreatif untuk siap go-digital. Untuk itu, mari kita bergandengan tangan menghadapi tantangan di depan mata dan menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan bangun kondisi sosio-ekonomi masyarakat, " ucap Sandiaga, Jumat, 2 September 2022.
Sandiaga berharap, melalui program AKI 2022, mampu menjadi batu lompatan para pelaku UMKM agar bisnis mereka dikenal tidak hanya secara lokal, namun juga nasional hingga mancanegara, dan lapangan kerja baru bisa tercipta.
"Sehingga target 4,4 juta lapangan kerja baru tahun 2024 bisa terpenuhi," imbuhnya.
Sementara itu, Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menegaskan, komitmen Shopee selaku mitra Kemenparekraf dalam penyelenggaran AKI 2022 dalam mendukung digitalisasi UMKM termasuk di sektor ekonomi kreatif.
"Shopee ingin terus menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi dan pengembangan bisnis mereka," kata pria berpakaian batik orange itu.
Potensi besar dari pegiat UMKM mendorong Ade untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Sidoarjo dan sekitarnya.
Ade berharap Sinergi bersama Menparekraf melalui AKI dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal agar mereka semakin merasakan manfaat dari platform digital.
"Harapan kami, mengembangkan bisnis mereka tidak hanya secara lokal, namun juga nasional. Langkah ini sejalan dengan komitmen jangka panjang Shopee ada untuk UMKM,” tutup Ade Mulya.