Menpar Lakukan Kunjungan Kerja Strategis ke Singapura
Potensi besar pasar wisatawan Singapura terus digenjot Kementerian Pariwisata. Salah satunya memaksimalkan kunjungan kerja Menteri pariwista ke Singapura, 13-15 November 2018.
Rangkaiannya super lengkap. Dari mulai Launching Co-Branding Grab, Awarding CAFEO di Singapura, Launching VITO Representative Singapore, hingga Launching Co-Branding Traveloka.
Menurut Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani, berbagai strategi penting dilakukan untuk terus memaintain pasar Negeri Singa itu.
"Pasar Singapura ini cukup signifikan. Selama puluhan tahun, hingga 2015 Singapura adalah pasar utama Indonesia. Singapura merupakan penyumbang wisman paling besar sebelum akhirnya disalip Tiongkok di tahun 2016. Ini menjadi aware untuk terus mengeksplorasi pasar Singapura," ujar Giri.
Untuk Giri manambahkan langkah Co-Branding pun sangat tepat. Pasalnya Co-Branding ini menggandeng perusahaan-perusahaan besar. Lihat saja Grab yang merupakan perusahaan transportasi online terbesar di Asia Tenggara. Beroperasi di 8 negara dengan 100 juta pengguna.
"Di Singapura Grab menngusai 80% pasar transportasi online. Penggunanya mencapai lebih dari 4 juta pengguna. Grab menjadi sangat strategis untuk menjadi media promosi untuk mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia," ungkap Giri.
Sementara itu Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Hariyanto mengatakan, nantinya, Co-branding dengan Grab akan dilayani berbagai layanan.
Mulai dari konten informasi hingga promosi interaktif yang berkaitan dengan destinasi wisata tanah air. Salah satunya mempromosikan 10 deatinasi prioritas serta program Jakarta Hot Deals.
Program Co-Branding yang tak kalah pentingnya adalah kerjasama dengan Traveloka. Sebagai salah satu situs perjalanan wisata terbesar kerjasama ini akan memberikan dampak signifikan. Para wisatawan yang akan merencanakan perjalanan wisata secara langsung akan melihat keindahan pariwisata Indonesia.
"Secara langsung kerjasama co-branding merupakan strategi promosi yang saling menguntung, di mana para pengusaha dapat memanfaatkan branding Wonderful Indonesia yang telah mendunia dalam produk mereka baik di Indonesia maupun mancanegara," terang Hariyanto. (*)
Advertisement