Menpar Tersipu Dihadiahi Baju AirAsia Wonderful Indonesia
AirAsia Indonesia berhasil bikin Menpar Arief Yahya terharu. Bagaimana tidak? Maskapai Low Cost Carrier menghadiah baju putih berlogo AirAsia Indonesia dan Wonderful Indonesia.
Logo itu dibordir menempel di dada sebelah kanan. “Wow, keren! Terima kasih AirAsia Indonesia!” ucap Menpar Arief Yahya spontan.
Bukan hanya itu, Grup CEO AirAsia di Indonesia Dendy Kurniawan juga memberi souvenir miniatur Airbus 320 yang juga bercorak khas pariwisata Indonesia dan berlogo Wonderful Indonesia.
Ini logo yang juga dipasang di pesawat A330 AirAsia X Indonesia. Arief Yahya pun kembali haru, setelah sadar bahwa semua direksi AirAsia mengenakan baju putih dengan logo Wonderful Indonesia.
Baru kali ini, Menpar Arief tersipu-sipu dengan sambutan yang mengesankan itu. Tidak pernah dia sangka, AirAsia begitu komit untuk berkolaborasi sampai ke level branding.
Roadshow Menteri Pariwisata ke Airlines dan Airport memiliki tujuan khusus, pertama; menawarkan konsep Hot Deals, more for less. Kedua, meminta menambah seats capacity, untuk menembus 25,5 juta penumpang. Ketiga, menjadi CoE Calendar of Events 2018 sebagai bagian dari atraksi yang dijual bersama.
Semua program Menpar Arief itu disambut antusias oleh Grup CEO AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan.
“Komitmen kami untuk mendukung target pencapaian kunjungan wisman ke Indonesia terus kami wujudkan dengan pembukaan rute-rute baru, baik internasional maupun domestik. Kami siap untuk melanjutkan kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dalam bentuk joint promotion, fam trip maupun program-program lainnya,” ucap Dendy.
Menurut Menpar Arief Yahya, maskapai yang menyediakan tambahan kursi bisa mengoptimalkan pasar utama. Mengacu data Kemenpar, ada lima pasar yang bisa diekplorasi lagi oleh maskapai, yaitu pasar Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, juga India.
Pada 2017, jumlah wisatawan Tiongkok 1,91 juta atau tumbuh 42,22%. Eropa ada 1,74 juta wisman, lalu tumbuh 14,12%. Australia (1,10 juta), Singapura (1,31 juta), dan India (434,19 ribu).
Di Red House AirAsia Indonesia, Menpar Arief Yahya didampingi Staf Khusus Menteri Bidang Aksesibilitas Judi Rifajantoro, Staf khusus Menteri Bidang Komunikasi Don Kardono, Tenaga Ahli Menteri Robert T. Waloni, Deputi Pengembangan Pemasaran 1 Kemenpar I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman, Sekretaris Deputi Pengembangan Pemasaran 2 Kemenpar Giri Adnyani.
Sementara dari pihak Grup AirAsia di Indonesia, turut hadir CEO AirAsia X Indonesia Captain Sulistyo Nugroho Hanung, Director of Flight Operation AirAsia Indonesia Captain Widhi Setyo Dharwanto, Director of Aviation Security AirAsia Indonesia Jurry Suryo Wiharko, Director of Finance AirAsia Indonesia Mikiko Steven, Director of Commercial AirAsia Indonesia Rifai Taberi, dan Director of Maintenance AirAsia X Indonesia Rachmad.(*)