Memahami ihwal Ghasab dalam Khazanah Pesantren
Ghasab, kata ini Allah sebutkan dalam Al-Quran, yang sekaligus bisa membantu kita untuk memahami pengertiannya. Allah berfirman menceritakan dialog antara Musa dan Khidr,
أَمَّا السَّفِينَةُ فَكَانَتْ لِمَسَاكِينَ يَعْمَلُونَ فِي الْبَحْرِ فَأَرَدْتُ أَنْ أَعِيبَهَا وَكَانَ وَرَاءَهُمْ مَلِكٌ يَأْخُذُ كُلَّ سَفِينَةٍ غَصْبًا
Perahu yang saya lubangi itu, milik seorang yang miskin yang bekerja di laut. Aku melubanginya, karena di seberang sana ada raja yang mengambil semua perahu dengan cara merampas. (QS. al-Kahfi: 79).
Dengan demikian, ghasab secara ringkas bisa kita artikan merampas.
Dalam Fiqh Sunah dinyatakan,
أخذ شخص حق غيره والاستيلاء عليه عدوانا وقهرا عنه
Mengambil hak orang lain dan menguasainya secara paksa. (Fiqh Sunah, 3/248).
Ada juga yang memberikan pengertian, "Mengusai harta orang lain secara paksa dan tidak ada keinginan untuk mengembalikannya".
Ghasab termasuk perbatan maksiat dan kedzaliman. Termasuk makan harta orang lain dengan cara bathil.
Allah berfirman,
وَلَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ
“Janganlah kalian makan harta orang lain diantara kalian dengan cara yang bathil.” (QS. al-Baqarah: 188).
Contoh pemahaman yang salah tentang Ghasab,
Berkembang pemahaman bahwa orang yang meminjam barang orang lain tanpa seizin pemiliknya, misalnya: pinjam sandal di masjid untuk wudhu, atau pinjam sepeda teman untuk keperluan sejenak, disebut ghasab.
Pemahaman ini perlu diluruskan. Karena dalam ghasab, orang yang mengambil sejak awal punya tujuan untuk menguasai barang itu secara utuh tanpa ada keinginan untuk mengembalikannya.
Untuk kasus semacam ini, hukumnya kembali kepada standar yang berlaku di masyarakat.
Jika menurut standar masyarat, tindakan semacam ini tidak perlu izin, karena dinilai barangnya murah, seperti sandal, maka meminjam tanpa izin sesuai standar masyarakat tidak terhitung kesalahan. Dengan adanya standar ini, dia dihukumi seolah telah mendapat izin.
Sebaliknya, jika menurut standar masyarakat, meminjam barang tertentu harus izin pemilik, terutama barang mahal, seperti pinjam mobil, motor, laptop, maka tidak boleh memakainya tanpa seizin pemiliknya.
Memakai tanpa seizin pemiliknya, terhitung tindakan kedzaliman.
Sebagaimana berlaku dalam kaidah,
المعروف عرفا كالمشروط شرطا
Sesuatu yang menjadi urf di masyarakat, statusnya sebagaimana syarat.
(al-Wajiz fi Idhah Qawaid al-Fiqh, hlm. 306)
Allahu a’lam.
Rangkaian Zikir Harian Ajaran Imam Al-Ghazali
Doa Pagi
اَصْبَحْناَ وَاَصْبَحَ الْمُلْكُ لله
"ASBAHNA WA ASBAHAL MULKU LILLAH"
Artinya: Terima kasih ya Allah Ta'ala karena rahmatMu, berkahMu dan kekuatanMu kami berada di hari ini .
Sayyidul Istighfar
اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْت.
"Allahumma anta robbi, laa ilaaha illa anta, kholaqtani Wa ana 'abduka, wa ana 'alaa 'ahdika, wa wa'dika mastatho'thu A'uudzubika min syarri maa shona'tu, abuu-u laka bini'matika 'alayya, wa abuu-u bi dzambi Faghfirli, fa innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illa anta"
Dzikir Harian
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم
Dibaca 1000x
Fadhilah: "Akan diberikan rahmat oleh Allah dan mendapatkan syafa'at Nabi Muhammad di akhirat kelak"
اللّهــــمّ صلّ علی سيّـــــدنا محمّـــــد وعلی آل سيّـــــدنا محمّـــــد
Demikian semoga bermanfaat. Amiin.