Mari Belanja di Harbolnas Hari Ini
Tahukah Anda jika hari ini 12 Desember 2017 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Tapi sebenarnya
sudahkah Anda tahu apa itu Harbolnas? Mengutip dari wikipedia, Harbolnas adalah hari perayaan untuk mendorong dan
mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja daring.
Harbolnas dicetuskan pertama kali ditahun 2012 oleh oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia umumnya mereka yang
bergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) yaitu Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka and Bukalapak.
Perayaan Harbolnas ini sebenarnya mengadopsi perayaan yang hampir sama di negara-negara maju. Sebut saja Amerika, Kanada,
Inggris, Jerman dan Jepang terkenal sebuah perayaan belanja online yang disebut Cyber Monday. Dalam perayaan ini, para peritel mengadakan promo dan diskon besar setelah Thanksgiving Day (hari libur di Amerika Utara memperingati syukuran panen akhir tahun untuk menarik konsumen berbelanja online.
Cyber Monday sebenarnya diilhami dari perayaan belanja Black Friday yang dilaksanakan pada hari Jumat setelah Thanksgiving
Day. Black Friday identik dengan dimulainya musim belanja Natal. Selama perayaan hari belanja Black Friday, toko–toko buka
lebih lama dan berlomba–lomba menawarkan diskon besar–besaran atau cuci gudang untuk menarik pembeli.
Mengapa disebut Black Friday, karena pada hari tersebut neraca pembukuan mereka berubah dari merah (rugi) menjadi hitam
(untung). Ketika para retailer beroperasi pada bulan Januari–November, kebanyakan mencatat kerugian dikiaskan tinta
merah, kemudian mendapat banyak profit dari penjualan besar ketika menjelang natal dan libur Thankgiving Day (Black
Friday). Dalam praktik akuntansi dan keuangan, hal tersebut juga berdampak positif dalam pembuatan laporan tahunan atau
annual report.
Sedangkan Kampanye Hari Belanja Online Nasional di Indonesia ini, pertama kali diadakan pada tahun 2012 lalu. Kegiatan ini
ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan belanja online aman dan nyaman yang bisa dilakukan kapan saja.
Tidak hanya itu saja, kampanye yang digelar selama 24 jam ini juga memiliki misi untuk memajukan industri e-commerce di
Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet cukup tinggi.Diskon yang diberikan saat Hari Belanja Online
Nasional bisa cukup besar yaitu mencapai 80%. (amr)