Mahasiswa ITS Ciptakan Permainan Edukasi Pra Braile Untuk Anak
Anak-anak yang mengalami kebutaan atau tunanetra butuh bantuan untuk bisa membaca huruf Braille. Namun, sebelum dikenalkan Braille, anak-anak harus dikenalkan permainan untuk merangsang kepekaan dan tekstur.
Karena itu, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Fikria Nur Baiti berhasil menciptakan sebuah produk edukasi bernama Baadaaboo.
Baadaaboo ini merupakan permainan yang merangsang kepekaan anak pada bunyi dan tekstur. Permainan ini khusus untuk anak tunanetra berusia 4 sampai 5 tahun.
"Permainan ini bisa meningkatkan ketrampilan pra-braille. Karena, dalam permainan tersebut anak-anak dapat belajar mengenal bentuk, meningkatkan kepekaan perabaan, hingga mendengarkan musik," ujar Fikria ditemui di gedung Rektorat ITS.
Lanjut Fikria, pada permainan yang menyerupai puzzel ini, anak-anak akan dikenalkan mengenai berbagai macam bentuk. Seperti lingkaran, segitiga, segi empat (kotak), dan segi lima.
"Karena bentuk-bentuk yang di atas dibuat timbul. Jadi, anak-anak yang buta bisa merabanya dan mengenali bentuk tersebut," ujar Fikria.
Kemudian, anak akan dijelaskan bagaimana memainkan permainan ini, dimana anak harus mengembalikan bentuk tersebut ke tempat yang pas.
Guna membantu anak sampai finish, Fitria membuat garis pada puzzel yang bisa diikuti anak.
"Agar lebih menarik dan informatif saya menambahkan lagu dengan bahasa Inggris. Untuk memulainya tinggal dipencet tombolnya," katanya.
Menurutnya, permainan edukasi buatannya ini juga telah diujicobakan di dua Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Gresik dan di Tegalsari, Surabaya.
"Respon dari gurunya sangat baik, karena anak-anak bisa lebih aktif, nggak hanya duduk-duduk aja. Anak-anak juga senang bisa belajar hal baru," kata Fikria.
Kedepannya, Fitria akan lebih penyempurnakan permainan inovasinya ini. Seperti mempermudah alur permainan dan mengubah lagunya menjadi Bahasa Indonesia.
Rencananya, ia akan mendistribusikan ke sekolah-sekolah agar manfaatnya dapat dirasakan banyak anak.