Libur Tahun Baru, PT KAI Berikan Layanan Kesehatan Gratis
PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan cara unik dalam memberikan kenyamanan kepada para penumpang kereta di libur Tahun Baru 2020.
PT KAI memberikan layanan kesehatan gratis kepada para penumpang kereta di Stasiun Pasar Turi Surabaya.
Asiknya lagi, dokter yang memberikan layanan kesehatan itu semuanya dokter perempuan dan muda serta cantik-cantik.
Mereka memberikan layanan dengan jemput bola kepada para penumpang. Para dokter dengan mengenakan topi tahun baru memberikan layanan kesehatan kepada penumpang, baik yang masih menunggu di ruang stasiun maupun yang akan berangkat.
Ada dua dokter umum dan empat tenaga paramedis secara aktif mengunjungi para penumpang KA yang ada di ruang tunggu maupun di dalam kereta api.
Selain pengobatan gratis, para penumpang juga diberikan souvenir malam tahun baru seperti balon dan terompet.
"Layanan kesehatan ini diberikan kepada para penumpang khusus di tahun baru. Kegiatan ini untuk memberikan kenyamanan para penumpang dengan layanan kesehatan gratis," ujar Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Selasa 31 Desember 2019.
Kata Suprapto, layanan kesehatan gratis ini disediakan di 5 posko yakni Stasiun Pasar Turi, Stasiun Gubeng, Stasiun Mojokerto, Stasiun Sidoarjo dan Stasiun Malang.
Layanan kesehatan gratis tu berupa pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan asam urat, pengukuran berat badan, dan konsultasi medis.
Kegiatan dengan tema 'Sehat Dan Bugar Di Malam Tahun Baru' ini merupakan layanan tambahan yang bekerjasama dengan pihak eksternal.
KAI juga menyediakan ruang ibu menyusui dan fasilitas kursi roda bagi para penumpang yang membutuhkan layanan tersebut.
"Kegiatan ini juga mengantisipasi kondisi kesehatan para penumpang yang kurang sehat atau tidak layak untuk melakukan perjalanan.
"Untuk perjalanan jauh, penumpang harus sehat terutama penumpang lansia, ibu hamil, dan anak-anak," katanya.
KAI juga memiliki Klinik Mediska yang lokasinya dekat dengan stasiun dan telah bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta di sepanjang jalur KA.
Klinik ini untuk melayani penumpang yang sakit atau dalam kondisi kegawatdaruratan kemudian harus dirujuk ke rumah sakit.
"KAI mengimbau para penumpang agar memaksimalkan seluruh fasilitas kesehatan yang kami disediakan. Selain itu, pastikan kembali kondisi kesehatan anda selama dalam perjalanan," katanya.