Lewat e-Katalog, BNI Bantu Pasarkan Produk UMKM
PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) membantu UMKM untuk memasarkan produknya menggunakan layanan digital dari BNI. Upaya itu dilakukan untuk mengatasi lesunya transaksi akibat pandemi Covid-19
Sebagai wujud nyata dalam mendukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo, BNI menghadirkan e-Katalog untuk membantu mempromosikan produk UMKM hingga ke pelosok negeri.
Melalui e-Katalog ini, BNI ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berbelanja secara online dari rumah saja. Dengan membeli produk UMKM binaan BNI ini, masyarakat secara tidak langsung telah membantu UMKM dalam meningkatkan penjualan dan ikut menggerakkan roda perekonomian nasional.
Sejumlah E-Katalog yang tersedia memuat produk kuliner, fashion dan aksesoris dari mitra UMKM Rumah Kreatif BUMN dan Debitur Kredit Usaha Rakyat BNI yang telah dikurasi dari seluruh Indonesia. Untuk dapat mengetahui produk-produk unggulan UKM BNI ini, siapa pun bisa mengakses situs www.bni.co.id
"Kami ingin menghubungkan calon pembeli dan UMKM binaan kami selama masa pandemi Covid-19. Caranya mudah, Anda cukup memesan produk dari rumah melalui daftar produk UMKM di e-katalog dan pesanan akan diantar ke rumah. E-katalog dapat diakses pada tautan https://bit.ly/ukmbni," kata Corporate Secretary BNI Meiliana di Jakarta, Sabtu, 23 Mei 2020.
Ia melanjutkan, masyarakat dapat menemukan beragam makanan khas Indonesia, seperti kue kembang goyang, dodol Betawi dan Keripik Ceker dari Rumah Kreatif BUMN Bekasi di e-katalog kuliner. Ada juga Keripik Pare dan Abon Ikan Tuna dari Rumah Kreatif BUMN Banyuwangi. Juga aneka olahan khas produk kuliner Padang, Bengkulu, Pontianak, Katingan, Banjar Baru, Ternate, Makassar, dan Tabalong.
Sedangkan untuk e-Katalog Fashion dan Aksesoris UKM BNI, dapat dijumpai beragam produk fashion dan aksesoris asli Indonesia. Mulai dari tas tangan, dompet kulit, kacamata, sepatu, kebaya, batik, busana tenun, jaket kulit, kerudung, kalung, gelang, aneka sandal cantik, hingga t-shirt dan lain-lainnya.
"Selain ikut membantu pemasaran produk UMKM, kami juga ingin menghadirkan kebahagiaan khas kampung halaman di tengah anjuran pemerintah untuk tidak mudik,’ kata Meiliana.
Hingga kini, BNI telah membina 44 RKB di Indonesia dengan ribuan UMKM yang telah mengikuti pelatihan dan pengembangan usaha di Rumah Kreatif BUMN dengan tujuan mendorong UMKM Naik Kelas. BNI juga aktif membantu pembiayaan UKM dengan program KUR dan membawa UKM-UKM Indonesia ke pameran-pameran tingkat nasional dan internasional. (Rep)