Lebaran 2024, KAI Layani 4,39 Juta Penumpang
PT Kereta Api Indonesia telah melayani 4.398.125 penumpang, dengan rincian 3.748.886 penumpang KA Jarak Jauh dan 649.239 penumpang KA Lokal. Layanan penumpang sebanyak itu terjadi pada masa Lebaran 2024 terhitung selama 22 hari, sejak H-10 atau mulai 31 Maret hingga H+10 atau berakhir 21 April 2024.
Untuk angkutan Lebaran 2024, kereta ekonomi jadi pilihan masyarakat dengan jumlah penumpang sebanyak 3.166.650 orang. Selanjutnya kereta kelas eksekutif sebanyak 1.044.050 penumpang, kelas bisnis sebanyak 172.911 penumpang, kelas luxury sebanyak 12.941 penumpang, dan compartment suite sebanyak 1.573 penumpang.
Jumlah penumpang pada masa angkutan Lebaran 2024 selama 22 hari ini meningkat 14% dibanding angkutan Lebaran 2023 sebanyak 3.841.954 penumpang.
Untuk okupansi penumpang pada masa angkutan Lebaran 2024 mencapai 104% dari total tempat duduk yang disediakan sebanyak 4.222.058 tempat duduk. Khusus untuk KA Jarak Jauh okupansinya mencapai 114% dimana tempat duduk yang disediakan sebanyak 3.283.204 tempat duduk.
Sementara tiket yang terjual melebihi kuota tempat duduk karena adanya penumpang dinamis yakni terdapat penumpang yang naik di stasiun antara. Seperti, jika KA relasi Jakarta - Surabaya itu dihitung 1 tiket. Pada kenyataannya ada penumpang yang turun dan naik di stasiun antara stasiun awal dengan stasiun Tujuan.
Contohnya, KA relasi Jakarta - Surabaya, ada penumpang dari Jakarta turun di Cirebon. Lalu kemudian ada penumpang yang dari Cirebon naik dan turun di Semarang. Kemudian ada penumpang yang naik dari Semarang dan turun di Surabaya. Sehingga yang diprogram relasi Jakarta - Surabaya 1 tiket. Pada kenyataannya bisa jadi 3 tiket.
Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, rute favorit pelanggan yaitu Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Malang pp, Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Purwokerto pp, Jakarta - Semarang pp, Bandung - Surabaya pp, dan lainnya.
“Kami mengucapkan apresiasi kepada semua pihak yang memungkinkan Angkutan Lebaran 2024 KAI dapat terlaksana dengan baik,” kata Joni dikutip dilaman ptkai pada Selasa 23 April 2024.
Dia menambahkan, usai angkutan Lebaran ini, KAI dan anak-anak usaha akan konsisten memberikan pelayanan terbaru serta pengalaman baru, baik untuk kereta api, Whoosh, commuterline, LRT, dan lain-lain. Sehingga growth mindset tercipta di seluruh jajaran KAI Group.