Layanan Kedaruratan di Pasuruan Bisa Dihubungi Via Whatsapp
Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melaunching Public Safety Center (PSC) 119, Rabu 7 April 2021. PSC 119 ini adalah mekanisme pelayanan korban atau pasien gawat darurat yang terintegrasi dan berbasis call center.
Aksesnya mudah, hanya dengan menggunakan kode akses telekomunikasi 081-138-909-119. Cukup menghubungi lewat telepon atau aplikasi Whatsapp.
Jika Kota Surabaya memiliki layanan kedaruratan 112 yang siap melayani segala situasi, Kota Pasuruan juga memiliki layanan ini yang siaga selama 24 jam.
Gus Ipul menjelaskan, sistem kerja 119 ini harus cepat. 10 menit setelah ada laporan masuk harus segera ditindaklanjuti. Artinya, pelayanan ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Setelah ada laporan masuk baik itu dari telepon, ataupun Whatsapp harus segera direspon," jelasnya.
Dia menyebut, ini adalah layanan bagus untuk situasi kegawatdaruratan. Siapapun yang membutuhkan tinggal menghubungi saja. "Semuanya memiliki hak yang sama. Tidak membedakan. Yang penting situasinya sedang gawat darurat, akan dibantu," tambah dia.
Gus Ipul berharap, setelah diberlakukan, tidak lagi ditemukan angka kejadian kematian atau cacat yang disebabkan karena masyarakat terlambat mendapatkan pertolongan. "Baik itu pertolongan saat terjadi sakit, kecelakaan lalu lintas ataupun bencana. Semangat tim 119 ini adalah mewujudkan respon cepat untuk selamatkan nyawa sesama," urainya.
Disampaikan Gus Ipul, ada tiga shift yang disiapkan selama 24 jam. Masing shift terdiri dari tiga orang yang selalu stand by ketika ada yang sedang membutuhkan bantuan. "Sementara hanya satu ambulans yang disiagakan. Tapi, ke depan, akan kami anggarkan untuk pengadaan ambulans lebih besar dan jumlahnya lebih banyak," paparnya.
Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini dari awal memang sudah komitmen untuk memberikan hak pelayanan kesehatan di Kota Pasuruan yang layak, maksimal dan optimal.