Layanan Internet Indihome dan Telkomsel Lemot
Layanan internet Telkomsel dan Indihome dilaporkan mengalami gangguan atau penurunan kualitas (lemot), Selasa 5 November 2019 pagi.
Hal ini mengakibatkan sejumlah pengguna tidak dapat mengakses situs web, media sosial seperti Facebook, Instagram, dan YouTube, lalu aplikasi chat, dan layanan internet lainnya. Meski demikian, layanan telepon dan SMS masih bisa digunakan secara normal.
Tumbangnya layanan Indihome dan Telkomsel ini banyak dikeluhkan pengguna pada pukul 10.00 WIB.
Pengguna Telkom dan Telkomsel berusaha menghubungi layanan pelanggan kedua perusahaan. Akun Twitter dua perusahaan pelat merah ini, @Telkomsel dan @Telkomcare, pun kebanjiran mention dari ratusan pengguna.
Sampai berita ini diturunkan, hanya pihak Telkomsel yang memberikan pernyataan. Juru bicara Telkomsel mengonfirmasi bahwa telah terjadi penurunan kualitas layanan data internet yang disebabkan oleh gangguan pada akses internet internasional Telkom Group, sedangkan untuk layanan voice dan SMS tetap berjalan normal.
"Saat ini layanan internet mulai berangsur pulih dan kami terus mengupayakan agar layanan internet dapat kembali normal. Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Aldin Hasyim, GM External Corporate Communications Telkomsel.
Berdasarkan pantauan Fing, situs yang mendeteksi performa jaringan sejumlah penyedia internet di Indonesia, performa layanan internet Telkom Indonesia terpantau memburuk sekitar pukul 10.15 WIB dan terselesaikan dalam waktu 30 menit. Puncak gangguan terjadi pada pukul 10.40 WIB.
Gangguan ini dilaporkan terjadi di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bandung, Semarang, Palu, Banjarmasin, Bekasi, Medan, dan Makassar.