Launcing Maret lalu, Aplikasi "Halo Masbup" terima 385 aduan
Sejak dilaunching pada 25 Maret 2021 lalu, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke-1217, Aplikasi "Halo Masbup" per tanggal 22 April 2021 tercatat telah menerima 385 aduan terverifikasi. Dengan rincian 69 aduan ditinjau satker, 41 aduan dalam proses eksekusi dan 275 aduan telah selesai ditindaklanjuti.
Berbagai laporan disampaikan, di mana sebagian besar di antaranya mengenai kerusakan jalan, bansos, insentif guru, layanan administrasi kependudukan dan layanan publik di desa.
Aplikasi ini terbukti efektif dalam merespons dan menindaklanjuti aduan masyarakat. Salah satunya perbaikan jalan yang dilakukan Dinas PUPR di Desa Badas, Kecamatan Badas, di mana jangka waktu antara pelaporan dan pengerjaaan hanya berselang dua hari. Kemudian pelepasan banner reklame yang ditancapkan di pohon-pohon di sekitar Desa Kunjang Kecamatan Ngancar. Pelepasan oleh Satpol PP ini dilakukan sehari setelah laporan disampaikan melalui aplikasi.
Apresiasi pun diberikan salah satu warga terhadap respons cepat yang diberikan. “Mencoba aplikasi Halo Masbup, untuk saat ini bisa dibilang keren pol. Kemarin siang lapor, hari ini sudah ditindaklanjuti tim terkait yang turun ke lapangan,” ujarnya.
Hal senada disampaikan salah satu warga Kecamatan Badas atas tindak lanjut dari laporannya. “Saya melaporkan adanya kerusakan jalan yang menyebabkan jatuhnya korban, banyak yang jatuh di situ. Saya tidak menduga perbaikan jalan dilakukan dua hari kemudian, bahkan selesai hari itu juga. Saya mengucapkan terima kasih atas kinerja dari Mas Bupati dengan aplikasi Halo Masbup ini,” katanya.
Dari aduan yang masuk setiap hari, terlihat masyarakat cukup antusias memanfaatkan aplikasi "Halo Masbup". Sosialisasi penggunaan aplikasi ini pun gencar disampaikan melalui berbagai media, baik cetak, online, elektronik dan media sosial. Begitu juga dengan informasi aplikasi dan tutorial penggunaan yang ditempatkan di kantor kecamatan, kantor desa dan puskesmas se-Kabupaten Kediri.
Keberadaan aplikasi ini merupakan bentuk komitmen Mas Bup Dhito dalam melayani masyarakat, sekaligus bentuk fasilitas pemerintah daerah untuk mendukung partisipasi masyarakat dalam membantu meningkatkan pelayanan publik.