Lauf Seigla, Sepeda Gravel dengan Ban 57 mm!
Sebelumnya, Lauf terkenal sebagai produsen suspensi depan sepeda. Dengan bentuknya yang unik mengandalkan lembaran karbon yang dijadikan seperti per daun.
Sekarang, Lauf mengeluarkan sepeda dengan genre gravel terbarunya. Bernama Seigla. Sebagai generasi penerus True Grit. Hebatnya, Lauf mempelajari kekurangan-kekurangan dari sepeda gravel lainnya.
Akhirnya Seigla paling advance. Hebatnya bisa dipasangi ban ukuran 700c x 57 mm! Dengan ban sebesar ini, Seigla tidak nampak aneh maupun gambot.
Untuk geometrinya masih standar road bike meskipun menggunakan ban ekstra besar. Dengan chain stay yang normal.
Paling utama sebagai sepeda Lauf tentu suspensi depannya.
Menawarkan peredaman hingga 30 mm dan Lauf mengklaim fork depan ini lebih ringan 600 gram dibandingkan fork bersuspensi gravel bike lainnya.
Sepanjang perjalanan normal, biasanya suspensi depan hanya digunakan sekitar 15-20 mm. Dan karena tidak ada gesekan dari seal dan bushing, suspensi Lauf bisa langsung bereaksi ketika ada impact dari jalan.
Sangat efektif menghilangkan vibrasi dan sangat halus saat melibas medan gravel. Lauf Seigla menggunakan thru axle 12 mm dan rotor 180 mm.
Secara geometri, Seigla identik dengan True Grit. Lauf mengklaim bahwa konsumennya menyukai handling dan geometri True Grit. Sehingga Lauf tidak mau risiko membuat geometri baru lagi.
Mereka hanya membentuk ulang tubingnya agar lebih kaku tapi tetap nyaman. Headtube dibuat lebih tinggi dan downtube dibuat lebih segitiga. Membuat tingkat kekakuannya bertambah.
Bottom bracket dibuat lebih besar untuk memaksimalkan power transfer. Chain stay dibuat tipis dan di bagian drive side (crank) menggunakan karbon solid agar kuat dan kaku.
Uniknya lagi, lebar bottom bracket adalah 73 mm. ini ukuran custom. Dan Lauf memesan khusus ke SRAM untuk dibuatkan crank dengan spindle selebar 73 mm ini.
Lauf yakin nanti semua produsen crank akan menyediakan ukuran ini. Lauf Seigla ini hanya bisa menggunakan grupset SRAM AXS. Dengan pilihan Red, Force, atau Rival.
Presiden Lauf, Benedikt mengatakan kenyamanan Seigla sangat diperhitungkan. Seat stay dibuat dropped. Dan bagian yang menempel ke seat tube lebih gepeng (flat).
Bagian ending dari top tube yang bertemu dengan seat tube dibuat lebih flat. Sehingga pertemuan itu jadi fleksibel. Jadi kombinasi dari dua titik ini membuat Seigla nyaman.
Lalu didukung juga dengan seat tube yang lebih rebah. Tentu membuat lebih nyaman lagi. Lauf sengaja memilih bahan karbon yang bukan hi modulus. Benedikt mengatakan bahwa bahan karbon hi mod ini sangat rentan untuk retak dan pecah. Memang keuntungannya adalah kaku dan ringan.
Sedangkan sepeda gravel tidak membutuhkan keringanan yang ekstra. Lebih membutuhkan durabilitas tinggi. Apalagi jalan yang dilalui sangat tidak mulus.
Advertisement