Lapas Banyuwangi Perbarui SOP Kunjungan, Lebih Mudah dan Cepat
Lapas Kelas IIA Banyuwangi melakukan revisi standar operasional prosedur (SOP) kunjungan dan penitipan barang dan makanan. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari peningkatan kualitas layanan dan keamanan. Sebab, layanan dan keamanan merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan.
Kepala Lapas Banyuwangi, Agus Wahono menyatakan, peningkatan kualitas layanan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan aspek keamanan berupa peningkatan pencegahan terhadap masuknya barang terlarang ke dalam lapas. Pembaruan SOP ini efektif berlaku mulai awal November 2023 ini.
“Jadi untuk pelayanan di lapas ini memang harus selalu memperhatikan aspek keamanan, sehingga mampu mencegah adanya potensi gangguan keamanan dan ketertiban,” jelasnya, Selasa, 14 November 2023.
Beberapa perubahan dalam SOP tersebut meliputi penataan alur kunjungan. Alur kunjungan, menurutnya, maupun penitipan barang menjadi lebih mudah dan satu arah.
Kemudian ada pembaruan pembatasan terhadap barang bawaan, dan pembaruan terhadap barang yang dilarang untuk dikirimkan kepada warga binaan.
Di sisi lain, lanjutnya, juga dilakukan pembatasan serta larangan terhadap barang tertentu yang bisa dimanfaatkan sebagai media untuk menyelundupkan barang-barang terlarang ke dalam Lapas Banyuwangi.
“Beberapa percobaan penyelundupan barang terlarang seperti narkoba dan handphone juga menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk meningkatkan kewaspadaan dalam hal keamanan,” katanya.
Dijelaskannya, pembaruan SOP ini didasarkan pada penyesuaian kondisi saat ini. SOP sebelumnya, menurutnya, masih terdapat beberapa ketentuan yang disesuaikan dengan masa pandemi Covid-19.
“Sehingga terdapat beberapa ketentuan yang dinilai sudah tidak relevan pasca berakhirnya pandemi Covid-19,” bebernya.
Pembaruan SOP ini direspons positif keluarga warga binaan yang sering berkunjung atau menitipkan barang dan makanan. Salah satunya Juwita. Dia mengatakan, sejak diperbaruinya SOP layanan di Lapas Banyuwangi, pelayanan semakin mudah dan cepat.
“Saya lihat sekarang petugas layanan sudah ditambah dan alur kunjungan sudah tertata dengan rapi,” terangnya.