Kunci Jawaban SMA: Cara Mempelajari Hal yang Tak Disukai
Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat akan Belajar dari Rumah TVRI, pada Jumat 17 Juli 2020 pukul 10.05-10.30 WIB. Materi pembelajaran kali ini tentang cara memperlajari hal yang tidak disukai.
Dalam pembelajaran ini untuk mengasah kemampuan siswa dalam mengenali akurasi informasi dalam paparan lisan, menjelaskannya kembali, menganalisis, serta dan menyampaikan pendapat dalam diskusi.
Selain itu juga untuk menggunakan pengetahuan dan data yang diperoleh dari informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Teman-teman, pernahkah kalian merasa sulit sekali menangkap mata pelajaran tertentu karena tidak suka dengan pelajaran tersebut?
Hal itu wajar saja, tapi kalian juga perlu tahu mengapa hal itu bisa terjadi. Untuk itu, siswa dapat menonton tayangan untuk mengetahui bagaimana cara belajar yang seru agar pelajaran cepat masuk ke otak.
Siswa sebaiknya menyaksikan tayangan secara seksama agar dapat menjawab soal yang diberikan pada akhir segmen. Apabila mengalami kesulitan, siswa dapat berdiskusi dengan orangtua atau guru.
Kunci jawaban dan soal ini ditujukan bagi orangtua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar peserta didik.
Soal
1. Mengapa sulit mempelajari hal yang tidak disukai?
2. Menurut pendapat kalian, bagaimana cara menumbuhkan motovasi instrinsik dalam memperlajari sesuatu?
3. Agar belajar bisa seperti bermain game diperlukan kondisi yang optimal (flow state). Ada tiga syarat untuk mencapai kondisi optimal. Dapatkah kamu menjelaskan ketiga hal tersebut?
Jawaban
1. Pada saat belajar kita tidak hanya melibatkan logika, tapi juga emosi. Proses belajar itu dipengaruhi oleh sistem limbik pada otak kita yang merespon ancaman atau hadiah, sehingga kita harus mengoptimalkan emosi kita ketika belajar. Hal ini agar belajar kita bisa lebih menyenangkan.
Alasan kita sulit mempelajari hal yang tidak kita sukai karena sudah tertanam sejak awal dari dalam diri jika pelajaran tersebut menjadi momok menakutkan dan kurangnya rasa percaya diri dalam mengerjakannya.
Selain itu untuk belajar efektif dibutuhkan keterlibatan sejumlah hal diantaranya:
a. Emosi dimana belajar akan lebih mudah kalau belajar menjadi seru. Tips untuk belajar efektif: temukan tingkat stres optimal dan optimalkan DNA of Performance.
b. Dopamin dimana gairah akan naik jika ada update informasi.
c. Noradrenalin, jika ada tantangan
d. Asetilkolin, senang belajar
2. Kita harus menumbuhkan rasa senang dalam mempelajari sesuatu, bisa dengan cara membuat semenarik mungkin hal-hal yang dipelajari agar emosi kita pada performa yang baik.
Rasa ingin tahu yang tinggi juga bisa menumbuhkan dorongan dalam mempelajari sesuatu. Selain itu, perlu adanya sejumlah hal penting lainnya diantaranya:
a. Otonomi, kita mempunyai kendali atas hidup kita dan bebas belajar yang kita suka.
b. Kompetensi, kita merasa senang saat mulai bisa.
c. Keterkaitan, lebih seru misalnya saat ada komunitas.
3. Syarat agar belajar bisa seperti bermain game perlunya kondisi optimal (flow state) seperti diungkap oleh psikologi Mihaly Csikszentmihalyi, ada tiga hal utama yang harus ada terdiri dari:
a. Aktivitas punya tujuan dan progres yang jelas.
Aktivitasnya harus punya tujuan dan progres yang jelas. Harus ada strukturnya, sehingga kita harus tau apa yang mau dipelajari dan bisa mengetahui kemampuan kita ada di titik mana.
b. Ada umpan balik yang jelas dan instan.
Umpan balik atau feedback yang jelas dan instan. Itu artinya kita belajar harus ada ukuran yang jelas, cara mengerjakan ini benar atau salah, atau apakah sudah paham atau belum.
c. Ada keseimbangan antara tantangan dan kemampuan
Harus ada keseimbangan antara tantangan yang kita hadapi dengan kemampuan yang dimiliki. Maka kita juga harus punya rasa percaya diri bahwa kita bisa menyelesaikan sebuah tugas.
Dalam belajar kita juga harus menyesuaikan antara tingkat kesulitan bahan yang dipelajari dengan kemampuan diri sendiri.
* Soal dan kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orangtua atau wali mengoreksi jawaban anak.