Kovalen Coffee: Bisnis Kopi Tanpa Air Panas
Bisnis gerai kopi, saat ini menjadi salah satu bidang usaha yang mulai populer di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari menjamurnya kedai-kedai kopi dengan berbagai konsep unik yang ada di setiap kota.
Salah satu orang yang turut ikut dalam bisnis kopi ini adalah Andrew Budianto. Berbeda dengan pengusaha lain yang membuka gerai kopi, Andrew justru memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk kopi yang ia beri nama Kovalen Coffee.
Selain tidak mempunyai gerai, Kovalen Coffee memiliki ciri khas tersendiri bila dibandingkan dengan kompetitor.
"Kopinya tidak membuat kembung, selain itu proses pembuatannya juga tanpa air panas. Bahan-bahan yang digunakan pun alami, dan no added preservative (tidak ada bahan pengawet). Jadi, masa ketahanan kopinya sekitar dua minggu," kata Andrew.
Untuk mengolah kopi tersebut, mahasiswa dari Program International Business Management (IBM) Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) ini bahkan rela berangkat ke pusat penelitian kopi di Jember untuk memperdalam pengetahuannya mengenai Kopi.
"Jadi membuat kopi juga ada tekniknya sendiri," ujar Andrew.
Sebagai pengusaha muda dan terbilang masih baru, Andrew pun harus pandai membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Apalagi saat itu, ia sedang mengerjakan skripsi. Semua jerih payahnya terbayar dengan capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,89.
"Yang memotivasi saya saat itu adalah karena saya merasa beruntung, punya kesempatan untuk menentukan pilihan, dan pendidikan. Tidak mungkin saya menyia-nyiakan kesempatan yang sudah diberikan," ujarnya.
Tak hanya itu, ia juga mengaku mendapatkan beberapa pengalaman yang kemudian ia terapkan di dunia kerja. Salah satunya adalah belajar untuk percaya dengan orang lain, dan tidak takut untuk berkolaborasi.
Kedepannya, Andrew ingin mengembangkan bisnis kopi miliknya lebih jauh lagi. "Saya berharap bisa punya usaha yang manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang," ujarnya. (amm)