Kopi Catat Nilai Transaksi Raksasa, Rp100,2 Triliun
Kabar panas dunia kopi paling anyar, Nestle – pemilik brand tenar di Nescafe dan Nespresso, berani membayar Rp100,2 Triliun untuk bisa menjual produk-produk milik Starbucks.
Disebutkan, raksasa makanan asal Swiss itu mengumumkan secara resmi bahwa akan membayar 7,15 miliar dolar AS atau senilai Rp100,2 triliun secara tunai untuk membeli hak memasarkan produk Starbucks di seluruh dunia, di luar kedai kopi mereka, Senin 7 Mei 2018.
Perjanjian itu memberikan platform kuat kepada Nestle untuk pertumbuhan berkelanjutan di Amerika Utara, kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan.
Saat ini, Nestle sedang berfokus pada kopi sebagai area pertumbuhan utama dan sudah membuat beberapa akuisisi di sektor itu, termasuk membeli saham di Blue Bottle Coffee California pada September lalu.
Bisnis Starbucks yang masuk ke dalam perjanjian tersebut saat ini menghasilkan sekitar dua miliar dolar AS atau senilai Rp28,04 triliun per tahun dan mencakup biji kopi dan kopi bubuk yang akan dijual Nestle di pasar swalayan di seluruh dunia.
“Transaksi ini merupakan langkah besar bagi bisni kopi kami, kategori pertumbuhan tinggi terbesar di Nestle,” kata CEO Nestle Mark Schneider dalam sebuah pernyataan.(*/ant)
Advertisement