Komunitas Arab Singapura Makin Melemah
Mobil pertama yang tiba di Tarim, kota bersejarah di Hadhramaut Valley of Yemen, adalah yang dibawa orang Amerika, Studebaker.
Mobil ini telah melintasi samudra dan benua untuk sampai ke sana – atas bantuan satu keluarga Arab terkemuka di Singapura.
“Mobil pertama yang ada di kota Tarim dibeli dan diimpor ke Singapura oleh keluarga Alkaff,” kata Zahra Aljunied, yang leluhurnya berasal dari Tarim. Pustakawan senior berusia 62 tahun itu adalah seorang Arab Singapura generasi kelima dari garis keturunan Syed Omar Aljunied, salah satu orang Arab pertama yang menginjakkan kaki di Singapura pada tahun 1820.
"Mereka membongkar mobil, menaruhnya di atas kapal, dan membawanya ke Mukallah, yang sembilan jam perjalanan dari Tarim," katanya kepada Arab News, pekan lalu.
"Setelah protolan mobil itu diturunkan dari kapal, kemudian ditaruh di punggung unta, dibawa ke kota Tarim. Di Tarim, protolsn mobil itu kemudian disatukan. Mereka memasang kembali mobil itu dengan pelat nomor S (Singapore number) sebelum mobil bisa dijalankan,” katanya.
Meskipun Samudera Hindia memisahkan metropolis Asia Singapura dan gurun Arab Hadhramaut, ikatan yang mengikat mereka berlangsung berabad-abad.
Hampir semua orang Arab di Asia Tenggara melacak leluhur mereka ke Hadhramaut, sebuah wilayah di ujung selatan Semenanjung Arab di Yaman saat ini. Disebut sebagai Hadhrami Arab, mereka mulai bermigrasi ke Indonesia, Malaysia dan Singapura dalam jumlah besar dari pertengahan abad ke-18.
Nama-nama seperti Aljunied, Alkaff dan Alsagoff akrab bagi sebagian besar orang Singapura, karena jalan-jalan, bangunan, masjid, sekolah dan bahkan distrik dinamai dari klan-klan Arab terkemuka ini. Namun sedikit yang menyadari dampak pemukim Muslim awal terhadap kolonial Singapura, atau pada keluarga yang mereka tinggalkan di tanah air.
"Ketika Sir Stamford Raffles mendirikan Singapura pada tahun 1819, salah satu hal pertama yang dia lakukan adalah membujuk keluarga Hadhrami untuk datang ke sini," kata mantan menteri luar negeri Singapura George Yeo pada peluncuran pameran 2010 tentang orang-orang Arab di Asia Tenggara.
Arab Street, dan kawasan di sekitar Masjid Sultan di Singapura, termasuk kawasan yang pertama berdiri di Singapura. Hingga sekarang berkembang menjadi destinasi bagi pelancong Muslim yang datang ke Singapura.
"Syed Mohammed Harun Aljunied dan keponakannya, Syed Omar Aljunied dari Palembang di Indonesia sekarang, diberi sambutan hangat. Sejak saat itu Singapura menjadi pusat jaringan Hadhrami di Asia Tenggara," kata Yeo.
Tertarik oleh status pelabuhan Singapura yang bebas, kedua lelaki itu - pedagang yang sudah sukses di Palembang - membawa semua yang mereka miliki "kunci, stok dan laras," kata Zahra, yang nenek paternalnya berasal dari garis Syed Omar.
Syed Omar lahir pada tahun 1792 di Tarim, sebuah kota kecil di Yaman Selatan yang secara luas dianggap sebagai pusat pendidikan agama, yudisial dan akademik di Hadhramaut. Namun ketika tumbuh dewasa Syed Omar dan saudara-saudaranya meninggalkan kota Tarim.
“Ketika kami masih anak-anak, nenek atau kakek saya akan mengatakan: 'Jika kamu nakal, kami akan mengirim kamu kembali ke Hadhramaut',” katanya, tertawa. “Jadi kami melihat Hadhramaut sebagai tempat yang tidak kami inginkan. Kami tidak sabar untuk pergi ke sana.”
Namun perjalanannya menemukan akarnya berganti pada tahun 2004, ketika dia menjadi bagian dari tim peneliti dari Singapura yang menyelenggarakan pameran berjudul "Rihlah - Arab di Asia Tenggara."
Perjalanan itu membawanya kembali ke Hadhramaut sebanyak lima kali, dan juga ke Palembang dan Jawa di Indonesia. Dia menemukan bahwa beberapa dekade pengaruh Asia Tenggara memberi Hadhramaut budaya yang unik yang tidak ditemukan di bagian lain Timur Tengah.
"Ketika saya pertama kali pergi ke Hadhramaut, itu sangat berbeda dari Sanaa, Ibu Kota Yaman. Ini cara hidup mereka - apa yang mereka makan, pakai, bahkan bahasa," katanya.
Di Sanaa, para prianya biasanya mengenakan pakaian tradisional Yaman yang disebut thobe, sedang pria di Hadhramaut lebih memilih kemeja dan sarung, pakaian tradisional Indonesia. Bahkan sebagian mereka memakai sarung batik.
"Ya, mereka berpakaian berbeda ... Mereka makan belacan atau terasi sambal yang digunakan di Asia Tenggara, dan kerupuk udang Indonesia / Melayu, semuanya diimpor dari Indonesia," kata Zahra.
"Anda bertanya kepada saya bagaimana saya berasimilasi dengan budaya di sini, tetapi di Tarim, mereka sudah berasimilasi dengan budaya yang diimpor dari sini."
Orang-orang Hadramut telah melintasi Samudra Hindia selama berabad-abad, kata Syed Farid Alatas, profesor sosiologi di National University of Singapore.
Terletak di persimpangan Afrika, Asia, dan Timur Tengah, Hadhramaut pada waktu itu adalah pos penting pada rute perdagangan rempah-rempah kuno.
“Migrasi ke Asia Tenggara relatif baru dibandingkan dengan migrasi lain di Afrika Timur dan India selatan,” kata Alatas, yang juga berasal dari keluarga Hadhrami terkemuka di Asia Tenggara.
Kelaparan dan kesulitan ekonomi adalah beberapa faktor pendorong, tambahnya. “Tetapi saya pikir Anda tidak dapat memisahkan dari minat tertentu yang Hadhramis miliki, karena mereka tinggal di daerah pesisir. Hadhramaut memiliki pantai yang panjang dan karena itu kebanyakan masyarakatnya adalah pelaut yang tertarik untuk pergi keluar, dalam menjelajahi tempat lain, ” kata Profesor Syed Farid Alatas.
Namun, tanah air tidak pernah jauh dari hati mereka. Para orangtua mengirim putra-putra mereka ke Hadhramaut untuk belajar di sekolah-sekolah agama, di mana mereka akan belajar nilai-nilai Arab dan Islam. Kadang-kadang mereka juga menikahkan putri-putri mereka yang lahir di daerahnya kepada laki-laki Hadhrami.
"Mereka ingin putra-putra mereka tahu bahasa Arab, jadi mereka mengirim mereka untuk belajar di sana selama bertahun-tahun, seperti ayah saya, paman saya, beberapa saudara saya," kata Zahra. “Kakek saya sama seperti orang lain sebelum dia. Mereka sering mengirim uang dan banyak hal kembali ke Hadhramaut. Mungkin sekali dalam tiga bulan, nenek saya akan mendapatkan karton besar dan memasukkan banyak barang ke dalamnya kerupuk udang, belacan (terasi udang) merek Tiga Senapan,” tambah Zahra.
Pengiriman uang dari Timur Jauh segera menjadi sumber pendapatan yang paling penting bagi mereka di Hadramaut, karena padatnya penduduk, kemiskinan dan kondisi pertanian yang kering membuat sulit untuk mempertahankan mata pencaharian tradisional seperti pertanian, penggembalaan dan perdagangan.
Pada abad ke-19, orang-orang Arab di Asia Tenggara mendominasi perdagangan dan jaringan maritim. Mereka mengoperasikan armada dan kapal terbesar di kepulauan Indo-Melayu, dan pelabuhan Singapura menjadi pusat pengiriman Hadhrami. Untuk sementara waktu, Singapura juga merupakan titik transit utama bagi para peziarah Haji.
Hadhrami Arab adalah instrumental dalam penyebaran Islam di wilayah tersebut. Banyak yang memegang posisi tinggi dalam urusan sipil dan agama atau mengambil bagian dalam politik. Yang lain memiliki banyak lahan di awal zaman kolonial - diperkirakan 50 persen dari total daratan Singapura pada satu waktu, menurut seorang sarjana.
Dikenal karena filantropi mereka, mereka juga menyumbangkan banyak tanah mereka untuk kuburan, rumah sakit dan tempat ibadah termasuk landmark terkenal seperti St Andrew's Cathedral dan masjid pertama di Singapura, Masjid Omar di Kampong Melaka - keduanya masih berdiri hingga saat ini.
Setelah Perang Dunia II, bagaimanapun, kekayaan dan keunggulan Arab di Singapura mulai memudar, sebagian karena kontrol sewa karena pemerintah berusaha untuk mengekang inflasi. Pengenalan tindakan pembebasan tanah 1966 juga mempengaruhi kepemilikan tanah Arab sebagai pemerintah pasca-kemerdekaan membeli properti untuk pembangunan negara.
Diperkirakan, populasi keturunan Arab di Singapura hari ini pada sekitar 10.000 orang, tetapi ada orang yang mengatakan jumlah tersebut belum tentu akurat, karena banyak yang berasimilasi ke dalam komunitas Melayu dan tidak lagi membedakan diri mereka sebagai orang Arab.
“Banyak emigran Hadhrami menikah dengan masyarakat tuan rumah dan terintegrasi sepenuhnya sehingga setelah satu generasi atau dua generasi, keturunan mereka tidak bisa lagi dianggap sebagai anggota diaspora. Namun, yang lain memilih untuk mempertahankan afiliasi mereka ke tanah air, ”tulis sejarawan Ulrike Freitag dalam bukunya “Migran Samudera Hindia dan Pembentukan Negara di Hadhramaut: Reformasi Tanah Air. ”
Namun, ia memperingatkan bahwa "akan terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa para anggota diaspora Hadhrami telah pergi atau berasimilasi sampai pada tingkat melepaskan identitas Hadhrami mereka."
Beberapa pengamat mengatakan bahwa orang Arab Singapura telah kehilangan identitas mereka karena banyak pemuda Arab tidak lagi berbicara bahasa Arab dan memiliki sedikit hubungan dengan Hadhramaut, tetapi Alatas tidak setuju. Perubahan politik di Singapura yang menempatkan keturunan Tionghoa menjadi mayoritas dan kemudian berkuasa, juga turut mengikis peran komunitas keturunan Arab di Singapura.
"Apakah orang Tionghoa Singapura kehilangan identitasnya?" Tanyanya. “Orang Tionghoa Singapura tidak seperti orang Cina di Tiongkok. Bahkan jika mereka berbahasa Mandarin, mereka berpikir berbeda dari orang Cina di Tiongkok.
Beda dengan orang Arab yang jumlahnya tidak bertambah, seperti masyarakat keturunan Tionghoa. “Anda memiliki orang-orang Arab di Singapura yang merasa dan sangat mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Arab. Di sisi lain, Anda memiliki orang-orang yang berasimilasi dengan masyarakat Melayu - mereka tahu mereka memiliki leluhur Arab, tetapi mereka merasa Melayu.
Perang di Yaman telah mengambil korban manusia dan ekonomi yang sangat besar di negara itu dan mengganggu hubungan transportasi. Bahkan mereka yang berharap mempertahankan hubungan dengan rumah leluhur mereka merasa sulit untuk kembali.
Penerbangan telah menjadi tidak teratur dan mahal. Untuk mencapai Tarim sekarang perjalanan hanya dengan menggunakan bus selama 10 jam dari Salalah di Oman, kata Zahra.
“Ayah saya juga sudah tidak pergi ke Tarim lagi, saya rindu Tarim," kata Zahra. (arabnews/nas)
Advertisement