Kerjasama Nike-Liverpool Tak Sekadar Masalah Jersey Baru
Liverpool secara resmi mengumumkan jersey baru mereka, untuk mengarungi musim depan. Appareal yang digunakan adalah Nike. Brand dari Amerika Serikat yang sebelumnya tak pernah kerjasama dengan Liverpool. Nike lebih dikenal ketika bermitra dengan rival abadi mereka, Manchester United.
Namun ternyata hubungan kemitraan antara Liverpool dan Nike bukan hanya sekadar mengenai jersey di dalam lapangan. Namun lebih dari itu, Nike juga memberikan dukungan untuk komunitas sepak bola lokal di Liverpool. Selain itu, juga merambah ke beasiswa dan Liverpool Foundation.
Melalui rilis resmi dari NIKE, Vice President dan General Manager NIKE in Europe, the Middle East and Africa Bert Hoyt mengatakan, Kemitraan ini merupakan momen penting bagi Liverpool dan Nike. Sebuah klub kaya akan tradisi, yang memiliki hubungan unik dengan kota dan basis pendukungnya yang berdedikasi di seluruh dunia berkat gaya bermain dan sikap tim di lapangan.
Nike akan melayani basis pendukung dengan inovasi, desain, dan kolaborasi kreatif yang akan memberikan kegembiraan dan energi pada olahraga secara global.
“Kami sangat senang bisa bermitra dengan ikon seperti Liverpool FC. Kemitraan strategis ini akan memperkuat posisi Nike sebagai merek sepak bola terbaik dan paling inklusif di dunia,” kata Bert Hoyt.
Sementara itu, Direktur Operasional dan CCO Liverpool Billy Hogan mengatakan bahwa kerja sama dengan Nike ini adalah salah satu tonggak sejarah bagi Liverpool. Bahkan menurutnya, saat musim depan dimulai, ia berharap dapat memasok koleksi inovatif dan stylish kepada klub dan pendukungnya.
“Kami akan lakukan itu sambil meneruskan ambisi kami bersama untuk menginspirasi generasi muda dan generasi masa depan melalui sepak bola yang brilian. Ketika kami pertama kali mengumumkan kemitraan baru dengan Nike pada Januari lalu, kami menyampaikan harapan kami terhadap mereka untuk menjadi mitra yang luar biasa bagi klub,” kata Hogan.
“Kami sangat senang memulai perjalanan ini bersama Nike, pemimpin pasar dalam industri pakaian olahraga global dan kami menantikan untuk bekerjasama menghadirkan produk performance dan lifestyle kepada para pendukung kami di tahun mendatang.” lanjutnya.
Dalam jersey baru ini, Nike menggunakan inovasi performa terbaru untuk mengatur fit dan kelembapannya. Selaras dengan komitmen Nike terhadap sustainability (keberlanjutan), kit Liverpool FC dikonstruksi menggunakan 100% kain poliester daur ulang, yang terbuat dari botol plastik hasil daur ulang.
Nike akan menjadi pemasok utama jersey tim pria, wanita, dan akademi, serta staf pelatih. Nike juga akan memberikan dukungan untuk Yayasan LFC (LFC Foundation), badan amal resmi klub.
Selain itu, Nike juga berkomitmen untuk mendukung inisiatif komunitas lokal di Toxteth. Sebagai bagian dari komitmen Nike Made to Play untuk mendorong anak-anak bergerak melalui permainan dan olahraga, Nike, bersama Anfield Wrap, bekerja dengan Earl Jenkins dan Kingsley United, yang bermain dari Tiber Street Partnership, untuk mengurangi batasan guna bergabung dan menawarkan permainan dan pemrograman berbasis olahraga bagi anak-anak muda berusia 4-16 tahun di komunitas tersebut.
Komitmen ini termasuk skema beasiswa untuk kursus pelatihan BAME, forum kepemimpinan pemuda BAME dalam kemitraan dengan organisasi lain di pusat kota, serta untuk Kingsley United yang berbasis di Toxteth guna membentuk tim perempuan. Nike juga akan mendukung kamp liburan sekolah dan musim panas yang dioperasikan oleh pelatih di lingkungan yang aman. Home kit Liverpool FC rilis 6 Agustus di toko ritel tertentu.