Kerata Api Pandalungan Anjlok, PT. KAI Berikan Ganti Rugi
Evakuasi rangakain Keretan Api Pandalungan yang anjlok di Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, masih berlangsung hingga Minggu, 14 Januari 2024, sore ini. PT. Kereta Api Indonesia berjanji akan mengembalikan hak-hak penumpang yang terdampak lokomotif anjlok di Tanggulangin, Sidoarjo pada Minggu, 14 Januari 2024 pukul 07.57 WIB.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menyampaikan, hak-hak penumpang yang diberikan berupa service recovery sesuai dengan prosedur yang berlaku. Bentuknya mulai dari snack, makanan, pembatalan tiket 100%, hingga mengantarkan penumpang naik bus atau kereta lain ke stasiun tujuan.
“Kami juga memberikan hak-hak bagi penumpang yang terdampak kejadian ini berupa service recovery sesuai dengan aturan yang berlaku “ ucap Luqman di lokasi kejadian, Minggu 14 Januari 2024.
Menurut Luqman, akibat peristiwa tersebut, ada beberapa kereta yang terganggu jadwal keberangkatannya, bahkan mengalami keterlambatan selama 1 hingga 3 jam. Beberapa kereta yang terdampak antara lain KA Ranggajati dari Jember menuju Cirebon, KA Logawa dari Jember ke Purwokerto. Sementara siang tadi ada kereta Jayabaya jurusan Malang - Surabaya ke Pasar Senin, dan KA Sri Tanjung.
“Itu berlaku bagi penumpang yang sudah melakukan perjalanan dan terdampak akibat kecelakaan anjloknya Lokomotif KA Pandalungan,” imbuhnya.
Sementara, bagi penumpang yang belum melakukan perjalanan tapi sudah terlanjur membeli tiket kereta, Luqman menjelaskan, penumpang bisa mengajukan pengembalian dana sepenuhnya saat itu juga.
“Jika penumpang tidak berkenan melakukan perjalanan dengan kereta api karena bertambahnya waktu perjalanan, penumpang bisa membatalkan tiket dengan biaya kembali 100 persen saat itu juga,” jelas Luqman.
Hingga berita ini ditulis, proses evakuasi menggunakan crane sedang berlangsung. Proses evakuasi rangkaian lokomotif KA Pandalungan dimulai pada pukul 16.30 WIB.
Advertisement