Kemkominfo Minta Perkuat Literasi Digital Kepada UMKM
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia (RI) mengajak generasi muda digital untuk bisa membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar semakin melek terhadap pasar digital.
Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 ini sektor pasar digital sangat potensial untuk UMKM agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan menekan biaya produksi.
Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Samuel Pangerapan mengatakan bahwa dibutuhkan kolaborasi semua pihak untuk bisa mempercepat digitalisasi UMKM.
“Peningkatan literasi digital adalah pekerjaan terbesar. Oleh karena itu, kami juga tidak bekerja sendiri, diperlukan kolaborasi yang baik agar tidak ada masyarakat yang tertinggal dalam proses percepatan transportasi digital," ujarnya saat menjadi pembicara pada “Webinar Series: Ngobrol bareng Legislator” dengan tema Generasi Muda Digital Peduli UMKM.
Ditambahkan oleh Anggota Komisi I DPR RI, Syaifullah Tamliha mengatakan bahwa pemasaran melalui platform digital menjadi salah satu strategi UMKM mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.
"Terkait dengan UMKM di Indonesia, UMKM menyumbang 61 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan bagi 97 persen tenaga kerja di Indonesia," katanya.
Sementara itu Akademisi, Muhammad Aminullah mengataka bahwa digitalisasi UMKM merupakan sebuah langkah pemanfaatan internet untuk memperluas jangkauan promosi kepada pasar yang lebih luas dan meminimalisir hilangnya target konsumen.
“Saya mengajak sahabat semua generasi muda digital, untuk melakukan hal-hal positif dan membantu UMKM yang berkembang di negara sendiri agar terus berkembang,” ujarnya. (Adv)
Advertisement