Kemendikbud: Tidak Ada Perubahan Kurikulum Hingga 2021
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengakui menerima cukup banyak aspirasi, saran, dan masukan terkait dengan peningkatan kualitas kurikulum.
Beberapa di antaranya bahkan sudah masuk pembahasan. Namun, Kemendikbud melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) menyatakan belum ada perubahan kurikulum hingga 2021.
“Sesuai arahan Mendikbud, tidak ada perubahan kurikulum nasional. Pada 2021 ialah implementasi terbatas atau prototyping pada sekolah penggerak,” kata Kepala Puskurbuk Kemendikbud Maman Faturahman kepada wartawan Senin 28 September 2020
Puskurbuk berada dalam Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan Perbukuan Kemendikbud mendukung pada aspek kurikulum. Maman mengatakan beberapa yang sudah mulai masuk pembahasan ialah peningkatan kualitas guru dan implementasi mata pelajaran sejarah agar lebih bermakna.
Misalkan, sejarah tematik atau sejarah mesin untuk SMK. Selain itu, Puskurbuk juga menerima masukan soal peningkatan peran bimbingan dan konseling (BK) dalam merdeka belajar, muatan lokal banjir Jakarta, bahasa daerah, juga perubahan iklim, penggunaan perangkat teknologi dan berbagai hal lainnya.
“Kami akan melakukan kajian internal dan kolaborasi bersama para pengusul sebelum benar-benar dibawa pada pembahasan publik. Seluruhnya berada pada konteks kajian internal, belum untuk menjadi pembahasan bersama publik," kata Maman Faturahman.
Secara terpisah, Dewan Pakar Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan, pihaknya mendukung rencana Kemendikbud untuk menyederhanakan Kurikulum 2013 demi menciptakan kemerdekaan belajar bagi siswa.
Penyederhanaan yang dimaksud, lanjutnya, untuk mengurangi muatan Kurikulum 2013 yang selama ini sarat beban dan sulit dituntaskan.
“Penyederhanaan kurikulum berfokus pada pengurangan muatan, terutama materi yang tumpang-tindih antarmata pelajaran terkait, bukan menghilangkan mata pelajaran tertentu,” kata Retno.
Komisioner Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) itu juga menyampaikan bahwa
Nusa Tenggara Timur (NTT) banyak anak mengalami kekerasan psikis selama pembelajaran jarak jauh (PJJ).
“Seperti dimarahi atau dibentak orang tuanya," kata Retno.