Kemenag-Ombudsman Siap Sinergi Tingkatkan Kualitas Layanan Publik
Kementerian Agama (Kemenag) berkomitmen untuk melakukan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Karenanya, Kemenag siap bersinergi dengan seluruh pihak untuk mendukung tercapainya hal tersebut, termasuk dengan Ombudsman RI.
Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali saat menerima Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih, di Kantor Kemenag, Jalan Lapangan Banteng no. 3-4, Jakarta Pusat.
"Kami berterima kasih kepada Ombudsman atas setiap masukan untuk Kemenag. Dan kami siap untuk menindaklanjuti tiap laporan yang masuk ke Ombudsman," ungkap Nizar Ali, Senin 11 Oktober 2021.
Turut hadir dalam pertemuan tersebut Inspektur Jenderal Kemenag Deni Suhardini, Dirjen Pendidikan Islam M.Ali Ramdhan, Direktur Diktis Suyitno, Staf Khusus Bidang Hukum Abdul Kodir, serta Tenaga Ahli Hasan Basri.
Nizar menuturkan, ini kali pertama Ombudsman hadir di Kemenag. "Karenanya kami memberikan apresiasi luar biasa," ujar Nizar.
Ia juga berjanji akan senantiasa koperatif untuk menyelesaikan tiap keluhan atau pun ketidakpuasan masyarakat terkait layanan publik Kemenag.
"Jadi kalau nanti ke depan mungkin ada pengaduan terkait layanan publik, silakan sampaikan ke kami. Dan kita akan segera selesaikan. Kita ingin memberikan layanan publik yang prima bagi masyarakat,"sambung Nizar.
Demi Pelayanan Publik
Senada dengan Nizar, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih menyampaikan, kehadirannya bertujuan untuk melakukan koordinasi dan komunikasi terkait laporan masyarakat atas pelayanan publik Kemenag.
"Kita ingin tiap pelaporan dapat segera kita selesaikan. Saya sengaja mengajukan diri untuk hadir di Kemenag agar kita dapat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan lebih baik," ujar Najih.
Ombudsman, lanjut Najih, sebagai lembaga negara yang diberikan tugas untuk melakukan pengawasan, tidak akan hanya bertindak sebagai watchdog saja. Tapi Ombudsman membuka diri untuk melakukan koordinasi dan komunikasi guna mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan tiap persoalan pelayanan publik.
"Saya harap sinergi Ini dapat terus dilakukan untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik," tutur Najih yang juga didampingi Wakil Ketua Ombudsman Bobby Hamzar Rafinus.