Kejar Bobot Ringan Sepeda Gunung Lapierre New XR dan XRM
Sepeda gunung Lapierre XR yang sudah beredar sejak 2013 dan merupakan versi lightweight dari X-Control ini mendapatkan sentuhan update terbaru. MTB dengan genre cross country ini meluncurkan versi New XR dan XRM. Keduanya fokus pada pencapaian bobot frame yang lebih ringan.
Kedua frame baru ini mengadopsi roda ukuran 29 inchi. Versi XR mengadopsi travel suspensi 100 mm untuk depan dan belakang. Dan ada dibagi dua jenis. Ada yang versi team yang merupakan versi tertingginya.
Sedangkan XRM menggunakan travel suspensi 100 mm di belakang dan 120 mm di depan.
Guna mendapatkan bobot frame yang super ringan, Lapierre mengubah konstruksi lapisan karbon merek Torayca. Metode yang digunakan kali ini adalah UD SLI (Unidirectional Superlight Innovation).
Untuk memaksimalkan penggunaan konstruksi karbon baru ini, Lapierre juga mengembangkan matres baru berbahan polypropylene.
Matres baru ini akan hancur saat karbon sudah matang dan ini akan menghasilkan proses yang lebih presisi. Sehingga mengurangi penggunaan resin. Alhasil membuat bobot lebih ringan.
Lapierre juga mengurangi ketebalan dinding dari tubingnya. Lagi-lagi misinya untuk mengurangi bobot. Konsekuensinya, frame jadi mudah retak atau patah ketika terkena sesuatu.
Tetapi Lapierre mengklaim konstruksi karbon baru ini membuatnya lebih kuat menahan benturan. Masih ad acara pengurangan bobot lagi, segitiga belakang juga dibuat lebih simpel. Tidak banyak menggunakan pivot, sehingga mereduksi bobot hingga 90 gram.
Lapierre mengklaim frame set tanpa sokbreker, bearing dan baut-baut hanya berbobot 1,772 gram. Untuk kedua tipe XR dan XRM. Sedangkan versi sebelumnya, lebih berat 200 gram yakni 1,970 gram.
Untuk pengaturan suspensi belakang, Lapierre menggunakan sistem FLexStays. Sokbreker dipasang persis di bawah top tube.
Lapierre membuat perubahan konstruksi ini untuk mengurangi stress di bagian seat tube juga melindungi sokbreker dari kotoran. Juga memberi ruang di segitiga frame depan untuk diisi dua bottle cage.
Selain perubahan konstruksi karbon dan dudukan suspensi, Lapierre juga mengubah geometrinya. New XR dan XRM memiliki reach yang lebih panjang. Juga sudut seat tube yang lebih tinggi. Dipadukan dengan sudut head tube yang lebih rebah. Head tube untuk New XR ini 67 derajat. Sedangkan untuk XRM lebih rebah lagi, 66 derajat.
Kedua frame baru ini dipasangi Universal Derailleur Hanger (UDH) dari SRAM. Yang bisa digunakan untuk sistem 1x. dan New XR maupun XRM menggunakan flat mount untuk dudukan kaliper.