Kampanye Women's Empowerment Lewat Film Song of Hyena
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (PPPA) mencatat, sejak 1 Januari hingga 16 Maret 2021, kasus kekerasan seksual mencapai 426 kasus. Angka ini terus bertambah selama masa pandemi Covid-19.
Melihat hal tersebut, artibrand.co dan Kreasitama berkolaborasi mengkampanyekan women's empowerment dengan membuat film berjudul Song of Hyena.
"Pandemi ini banyak sineas film yang jobles dan ekonomi lesu. Nah, disini sineas film Surabaya membuat film dengan tema woman's empowerement," ujar Giovanni Angelica, Project Director, artibrand.co, Selasa, 15 Juni 2021.
Dia menceritakan, film ini berkisah tentang seorang perempuan yang bernama Hana, bercerita tentang bagaimana kehidupannya dan bagaimana dia memperjuangkan hak-hak sebagai wanita.
"Film ini dibuat 1 season dengan 3 episode. Song of Hyena akan segera ditayangkan di platform YouTube. Kenapa di YouTube karena YouTube bisa diakses banyak orang," kata Giovanni Angelica.
Film ini lahir dari kepedulian isu-isu tentang kekerasan seksual yang sering dialami kaum wanita, kata Giovanni Angelica, terutama banyak perempuan yang diperlakukan tidak adil. Apalagi Banyak paradigma sosial kalau wanita itu lemah.
"Film ini lahir dari keresahan itu dan berpikir gimana caranya menyampaikan pesan supaya bisa diterima masyarakat," imbuhnya.
Pemilihan film sebagai media dalam menyampaikan pesan woman's empowerement ini, menurut Giovanni Angelica, film merupakan media yang gampang diserap oleh masyarakat. "Wanita itu kuat, wanita tidak bisa dipandang sebelah mata. Wanita kalau diapa-apakan harus melawan. Film ini meyampaikan pesan-pesan tersebut," tutupnya.
Advertisement