Kampanye Peduli Lingkungan, Karya Inspiratif Ditukar Sembako
Kampanye gerakan peduli lingkungan yang diselenggarakan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), berhasil mengumpulkan 566 karya inspiratif. Gagasan peduli lingkungan mengusung tema "Food Waste" atau "Food Loss".
Karya inspiratif tersebut diunggah melalui media sosial, kemudian oleh SIG dikonversi menjadi paket sembako dan makanan siap saji. Paket hadiah ini didonasikan kepada masyarakat.
Penyaluran dilakukan bekerjasama dengan komunitas Foodbank of Indonesia yang dimulai pada Rabu,10 November hingga Senin, 22 November mendatang di wilayah Jakarta.
Gerakan #MulaiBerubahDariRumah 2.0 merupakan gerakan yang diikuti seluruh lapisan masyarakat, termasuk komunitas, dengan cara, membuat foto atau video yang disertai cerita perubahan yang dilakukan untuk lingkungan, yakni terkait perubahan kecil seputar food waste atau food loss yang dilakukan.
Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengapresiasi minat masyarakat yang cukup tinggi untuk mengikuti Gerakan peduli lingkungan tersebut.
"Meskipun gerakan ini dilakukan dalam waktu singkat, namun antusias peserta cukup tinggi, terbukti banyaknya karya inspiratif yang berhasil terkumpul," katanya.
Menurut Vita Mahreyni banyak pengalaman dan cerita inspiratif yang berdampak positif bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Salah satu contoh karya yang diunggah oleh Ayunda Hanifah tentang bijak mengelola sampah organik dan makanan menjadi kompos dan pupuk.
"Selain bermanfaat untuk keperluan tanaman di kebunnya, pengolahan pupuk ini menjadi usaha sampingan di masa pandemi," ujarnya.
Vita Mahreyni juga menyampaikan, semangat membangun kesadaran tentang pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat melalui gerakan ini, sejalan dengan komitmen SIG. Untuk memberikan solusi, disamping memenuhi harapan stakeholder, juga menjadi pendorong tumbuhnya industri bahan bangunan yang memperhatikan keberlanjutan.
Diharapkan gerakan ini be tidak hanya sekadar kampanye sesaat, namun dapat menginspirasi anggota masyarakat lebih banyak lagi peduli terhadap lingkungan. ”Mari pertahankan komitmen perubahan ini dan terus konsisten untuk menerapkan semangat keberlanjutan demi masa depan yang lebih baik,” ujar Vita Mahreyni.
Tim juri telah menetapkan tiga cerita terbaik gerakan #MulaiBerubahDariRumah 2.0 untuk menjadi pemenang. Mereka adalah Juliana Wirawan (akun IG @miracles_3g), Agustine Sally W Saputra (akun IG @Sallyandwein), dan Ayunda Hanifah (akun IG @ayundahaha).