Kafilah Sidoarjo ke MTQ Jatim, Tanpa Kehadiran Maestro
oleh: Alfina Rahma Mawaddah*
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Jawa Timur XXIX digelar di Pamekasan pada 2-11 November 2021. Segala kesiapan sudah dilakukan baik oleh panitia maupun peserta dan official. Seluruh kafilah kabupaten kota se-Jatim siap diberangkatkan.
MTQ kali ini ada sesuatu yang berbeda. Ada yang dirasa kurang terutama bagi qari'-qari'ah seperti saya. Itu setelah wafatnya sang maestro pembina qari'-qari'ah Jawa Timur dan Nasional KH. Muh. Fuad. Wafatnya beliau sepulang menjadi dewan hakim MTQ Nasional di Padang beberapa waktu lalu menyisakan duka yang mendalam, termasuk bagi para qari'. Saya sendiri yang kala itu gagal berangkat karena dinyatakan positif, disemangati oleh beliau, jika tidak juara remaja paling tidak tingkat dewasa. Dari arena MTQ Nasional Padang beliau berkata kepada saya yang kala itu di karantina, "Kowe tak dungakno teko kene (Kamu saya doakan dari sini)", doanya.
Selama ini almarhum dikenal tegas, disiplin dan telaten dalam membina para qari'-qari'ah. Banyak qari' sukses karena 'tangan dingin' mantan juara nasional anak-anak itu. Tidak heran, pasca purna tugas di Kemenag Jatim, kesibukan beliau bukan makin surut, justru kesibukan beliau makin padat. Beberapa propinsi langganan beliau dalam melakukan pembinaan para qari' terutama menjelang MTQ Nasional. Saya termasuk dibina beliau selaku kafilah asal Sidoarjo.
Dedikasi untuk Al Quran: Membina Qira'ah dari Masjid ke Mushalla
Almarhum yang dulunya dikenal tangan kanan Kiai Musta'in Romli ketika beliau nyantri di Pondok Darul Ulum Rejoso Jombang itu mengawali pembinaan rutin di kampung berawal dari sebuah masjid di kawasan Kedurus. Karena sesuatu hal, pembinaan qira'ah dialihkan di mushalla dekat rumah beliau di Kedurus Sawah Gede Surabaya. Dari sinilah lahir para qari' binaan beliau, dari yang 'setengah jadi', sampai 'jadi' dan menjuarai tingkat nasional bahkan internasional.
Pembinaan di luar kampung beliau lakukan di beberapa tempat, salah satunya di Masjid Kemayoran. Sampai akhir hayatnya, beliau membina qira'ah di Masjiid bersejarah ini menggantikan Ust. H. M. Toha yang lebih dulu wafat. Hidup pria kelahiran Bangkalan ini memang didedikasikan untuk dunia tarik suara quran (qira'ah taghanniyah).
Suatu saat seorang murid beliau bertanya, "Ustdz. Jenengan kok boten nate ceramah utawi khotib (Ustdz, anda kok tidak pernah ceramah atau khutbah)'. Beliau menjawab "Aku tak ngopeni Quran ae, bagiane dewe-dewe (Biar saya merawat (Qira'ah) Quran saja, sudah menjadi tugas masing-masing), tuturnya.
Padang Pasir Inspiring dan Latihan pada Saat Berkendara
Banyaknya variasi lagu qira'ah yang beliau sampaikan, menambah khazanah tersendiri bagi seorang qari'-qari'ah yang dibimbingnya, termasuk saya. Irama yang beliau bawakan beraliran qari'-qari' Mesir seperti Abd. Basit dan Shaikh Mutawalli. Tentu sebagai qari'ah harus menyesuaikan dengan suara wanita. Irama dengan verbagai variannya terinspirasi dari penyanyi padang pasir legendaris Umi Kulsum. Beliau banyak mengoleksi kaset lagu-lagu penyanyi perempuan Mesir itu.
Kata kunci keberhasilan seorang qari' kata beliau adalah latihan dan latihan. Maka, di manapun dan kapanpun bisa dilakukan latihan. KH. M. Fuad sering menyontohkan, sebelum tidur beliau rutin melakukan senam ringan dilanjutkan latihan suara. Jika tidak ada waktu persiapan mau tampil, di jalan pun pada saat berkendara (kebiasaan beliau berkendara motor roda dua) beliau sempatkan latihan. "Behno wong ngerungokno (biarkan orang mendengarnya)", tuturnya.
Selain itu, ada kata-kata beliau yang masih membekas, "Qira'ah itu tidak sekadar bersuara lantang, tapi harus ada rasa (dzauq)". Makanya menurut beliau banyak qari' bersuara lantang tapi kering karena tidak ada dzauq. Maka, membaca Al Quran harus ada penghayatan sehingga bisa menempatkan, kapan lagu sedih dan kapan lagu gembira. Tentu disesuaikan juga dengan ayat-ayat yang bersifat ancaman dan ayat-ayat bermuatan kabar gembira.
Tanda-tanda kepergian
Kepergian beliau rupanya sudah ada isyarah. Singkat cerita pada waktu itu kafilah Jatim sebelum berngkt MTQ Padang mereka melakukan ziaroh ke makam Sunan Ampel. Semua peserta, official, dan pembina sudah selesai bergegas menuju bus. Tapi beliau masih diam di situ berdoa lama sekali. Saya dan salah satu teman saya menunggui beliau.
Sampai kemudian kembali lagi ke bus dan ke hotel. Pada saat pembinaan beliau menceritakan banyak hal. "Aku wingi pas nak makam opo o Yoo kok Mbah bolong ngetok aku suwee... " Sambil beliau meneteskan air mata beliau bilang " Onok opo Yo.. onok opo iki ". Beliau juga bilang " Tanda opo Iki?". Lalu beliau berucap, "Ya Allah kulo pun dipundut riyen ilmu kulo tasek dereng enten seng mewarisi", itu kata-kata yang paling saya ingat.
Beliau memang bercerita waktu itu kedekatan beliau dengan mbah bolong tersebut di masa mudanya. Hingga kabar wafatnya sang maestro itu datang tepat setelah pulang dari even MTQ Padang.
Beliau bukan sekadar guru Qira'ah tapi juga guru spiritual bagi murid binaanya. Kini, MTQ Jatim 2021 tidak ada lagi binaan dan juri sang maestro. Beliau sudah tenang menghadap Sang Empunya Al Quran. Pemilik seluruh ayat-ayat dan huruf Al Quran. Namun demikian, lantunan ayat Al Quran yang beliau contohkan tatkala membina para qari'-qari'ah masih terasa terngiang. Semoga itu semua menjadi jariah bagi beliau. Selamat menikmati jamuan kehidupan abadi sang maestro pembina qari'-qari'ah. Lahul Fatihah.
*) Alfina Rahma Mawaddah, S.Pd.I, Murid KH. Muh. Fuad (almarhum), Kafilah MTQ XXIX Pamekasan Asal Sidoarjo.
Advertisement