Jembatani Pedagang dan Pembeli, Kota Pasuruan Punya Madinah Mart
Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul melaunching Madinah Mart, Senin 2 Agustus 2021 pagi di Gedung Gradika, Kota Pasuruan.
Madinah Mart adalah sebuah inovasi pelayanan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang sejalan dengan konsep Kota Madinah.
Mengusung tagline "Dapur Anda Kosong, Madinah Mart Solusinya" layanan ini akan memberikan kemudahan belanja kebutuhan harian masyarakat.
Madinah Mart menjadi jembatan antara pembeli dan pedagang pasar untuk tetap bisa bertransaksi sekalipun situasinya sedang pandemi.
Gus Ipul mengaku bersyukur dan bahagia karena hari ini bisa meresmikan Madinah Mart. Disampaikannya, sebelum dilaunching, program ini sudah melalui tahap uji coba.
"Allhamdulillah, respons masyarakat baik, sangat positif sekali. Ada perkembangan yang sangat signifikan," kata Gus Ipul saat melaunching Madinah Mart.
Ia menyampaikan, bahwa Madinah Mart ini diluncurkan dengan semangat membantu pedagang dan pembeli agar tidak kesulitan mendapatkan kebutuhan harian.
"Menjadi jembatan penghubung antara penjual dan pembeli. Sekaligus mengurangi kerumunan di Pasar untuk menekan angka penularan Covid-19," jelasnya.
Menurut Gus Ipul, saat uji coba, masyarakat punya minat tinggi dengan layanan Madinah Mart. Masyarakat bisa memperoleh sayur hanya dengan memanfaatkan teknologi.
"Dengan teknologi, masyarakat tidak perlu ke pasar untuk belanja sayur. Cukup di rumah saja. Layanannya lebih cepat, lebih murah, lebih tepat ukurannya," lanjut dia.
Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini sangat menginginkan kesehatan terjaga dan ekonomi bergerak. Maka itu, dengan konsep ini, diharapkan Madinah Mart ini mengurangi pertemuan atau kontak langsung.
"Saya akan kawal betul Madinah Mart ini, kalau bisa harus berjalan dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Kota Pasuruan," urainya.
Bahkan, kata Gus Ipul, pihaknya akan mengembangkan Madinah Mart. Tahap awal, ia akan MoU dengan ojek online sebagai kurir pengantar sayuran.
Selanjutnya, ia akan membuat website dan membuat toko modern Madinah Mart yang bertujuan untuk memberikan layanan kepada masyarakat luas.
"Layani masyarakat dengan baik-baik, jangan sekali-sekali mengecewakan pembeli atau pedagang. Sebagai jembatan harus melayani dengan baik," paparnya.
Sekadar informasi, untuk menggunakan layanan ini, masyarakat cukup mengirimkan pesan di masing-masing customer service di empat pasar Kota Pasuruan.
Ada layanan nomor whatsapp di Pasar Kebonagung, Pasar Karangketug, Pasar Besar dan Pasar Gading yang sudah diposting di akun media sosial Disperindag Kota Pasuruan.
"Bisa akses itu saja. Selanjutnya, kirim pesan ke admin dengan rincian belanjaan. Setelah itu, barang akan diantar ke alamat tujuan. Masyarakat tidak perlu ke pasar, tunggu di rumah saja," pungkas dia.
Advertisement