Jack Miller Anggap KTM Butuh Dorongan Teknis untuk Persempit Jarak dengan Ducati
Tanpa podium pada balapan penuh di hari Minggu, selama enam putaran terakhir dan merosot ke posisi ketiga di belakang Ducati dan Aprilia di klasemen konstruktor, KTM tahu RC16 membutuhkan dorongan teknis selama jeda musim panas MotoGP.
"Saya ingin melindungi para pembalap kami; ada sesuatu yang menghambat kami akhir-akhir ini. Kami perlu mengambil langkah di jeda musim panas dan memberi para pembalap perangkat yang lebih baik," kata direktur olahraga motor Pit Beirer di Sachsenring.
Kesulitan yang dialami pabrikan itu dipertegas dengan catatan waktu balapan MotoGP Jerman 2024 milik Jack Miller (untuk posisi ke-13), yang lebih lambat satu detik dibanding yang ia catat pada jarak 30 putaran yang sama dalam perjalanannya menuju posisi kelima pada tahun 2023.
Sebagai perbandingan, Francesco Bagnaia, dari Ducati menang dengan catatan waktu 12 detik lebih cepat dibandingkan saat ia bertarung melawan Jorge Martin di garis finis tahun sebelumnya.
Pedro Acosta, pembalap KTM teratas di Jerman, mengalahkan waktu Miller tahun 2023 dengan selisih 9,5 detik dalam perjalanannya ke posisi ketujuh, tetapi masih tertinggal 14,746 detik di belakang Bagnaia saat bendera finis berakhir.
“Kami perlu lebih berkembang, sesederhana itu,” kata Miller, yang kursi pabriknya bersama Brad Binder akan diambil alih oleh Acosta pada tahun 2025.
“Dalam hal mendasar, kami melakukan hal yang sama seperti Misano tahun lalu.”
Itu termasuk sasis serat karbon futuristik, yang mulai digunakan pada akhir musim lalu setelah penampilan wild card yang kuat oleh Dani Pedrosa di Misano, dan uji pasca-balapan yang menjanjikan dengan para pembalap pabrikan.
“Kami masih menggunakan model pertama dari rangka serat karbon, kami belum menyentuh apa pun di sana,” kata Miller.
"Jadi saya pikir ada sesuatu yang perlu dilakukan di sana, atau bahkan panjang lengan ayun, kami sudah mencapai batas maksimal di bagian belakang motor. Saya yakin kami perlu terus mencoba mengembangkannya."
Seperti kebanyakan pengendara KTM, Miller yakin mesin dan aerodinamis RC16 'kuat'.
"Kami butuh sedikit lebih banyak cengkeraman, sedikit lebih banyak kemampuan berbelok," jelas Miller. "Kecepatannya bagus. Mesinnya kuat, paket aerodinamisnya juga kuat, saya rasa.
“Untungnya, stabilitas depan sudah kembali dan kami bisa memahami posisi kami di bagian depan motor. Tinggal bagaimana mencari tahu apa yang perlu kami lakukan untuk mendapatkan lebih banyak tikungan, cengkeraman yang lebih baik, baik di depan maupun belakang, melaju lebih cepat, mengerem lebih lambat, menginjak gas lebih awal, dan mudah-mudahan menghasilkan kecepatan menikung yang lebih baik!"