Isteri Mandul, Bolehkah Menikah Lagi?
"Seorang teman saya, telah berumah tanggal cukup lama. Lebih dari sepuluh tahun. Akhirnya, diketahui bahwa sang isteri mandul. Sementara dari pihak keluarga teman saya itu, mendesak agar nikah lagi. Sedang sang isteri tak mau diceraikan, juga tak mau dimadu. Tapi, dari pihak keluarga kedua belah pihak menginginkan agar sang suami menikah alias poligami. Bisa dijelaskan terkait masalah ini, ustadz?"
Demikian ditanyakan Amrullah, warga Darmo Permai Surabaya, pada ngopibareng.id.
Pernikahan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keturunan dan kebahagiaan. Islam memang memperbolehkan poligami, terlepas dari problem istri yang mandul. Tentu saja tujuannya adalah mencari kebahagiaan dan keturunan semua pihak.
Seringkali para ahli fikih mengutip pendapat Imam Al-Ghazali dalam kitabnya, Ihya Ulumuddin. Berikut penjelasan lebih jauh:
“Dan diantara tabia'at laki-laki ada yang syahwatnya sangat kuat, sekira satu isteri belum cukup baginya, maka bagi laki-laki yang demikian disunahkan untuk menambah isteri lagi sampai batas maksimal yaitu empat isteri.” (Ihya' Ulumiddin Juz 2 Hal 30)
Maka bila Allah SWT mempermudahnya dalam jalinan kasih sayang dengan mereka (para isteri) dan hatinya sudah merasa tenang, maka itu merupakan anugerah.
“Namun, bila hal itu masih belum ada ikatan mawaddah dan rahmah, serta hatinya belum tenang, maka bagi laki-laki tersebut disunahkan untuk berganti isteri yang lain,” tutur Imam Ghazali.
Diceritakan, Sayyidina Ali Karramallahu wajha-hu (KWA), menikah lagi setelah tujuh hari dari meninggalnya mendiang isterinya, Sayyidatina Fathimah Az Zahra'.
Juga diceritakan, Sayyidina Hasan ibn Ali adalah seseorang yang sering menikah, sehingga bila dihitung jumlah keseluruhan isterinya mencapai 100 lebih. Malah kadang-kadang beliau mengakad 4 isteri sekaligus dalam satu majlis. Dan terkadang beliau menceraikan keempat isternya dalam satu waktu dan langsung mencari ganti mereka. Hal ini tidak mengherankan karena beliau adalah keturunan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan juga diberikan ketampanan yang mirip dengan sang kakek.
Dari penjelasan ini, muncul pendapat yang membela perempuan. Perempuan tidak bisa dicampakkan begitu saja meskipun dengan alasan agama dibenarkan. KH Masdar Farid Mas’udi, pakar fikih reproduksi perempuan dalam beberapa edisi mendatang akan membahasnya. (adi)
Advertisement