Intip Sepeda TT Terbaru, Scott Plasma 7 dan Wilier Turbine SLR
Giro d’Italia 2022 baru berjalan tiga etape, pabrikan sepeda kelas dunia sudah mulai memamerkan sepeda-sepeda barunya. Salah satunya adalah sepeda Time Trial (TT).
Saat etape 2, 7 Mei 2022 lalu, Scott dan Wilier menggunakan sepeda TT terbaru mereka. Scott menampilkan Plasma 7 dan Wilier menampilkan Turbine SLR.
Dan kedua sepeda ini sudah terdaftar dalam situs UCI sejak 2021 lalu.
Scott Plasma 7 ditunggangi oleh Thymen Arensman saat balapan di etape 2 Giro d’Italia lalu. Sedangkan versi sebelumnya, Plasma 5 dikenalkan ke public tahun 2014. Di perjalanan, Scott mengenalkan juga Plasma 6 yang lebih digunakan untuk olahraga triathlon.
Perubahan paling terlihat adalah roda depan tidak lagi mepet dengan downtube. Diasumsikan ini adalah cara untuk memperhalus aliran udara di sekitar down tube dan roda depan.
Terlihat juga di pertemuan antara kepala fork dengan bagian bawah head tube terdapat garis yang menonjol. Berbeda dengan Plasma 5 yang tidak ada garis apa pun di pertemuan itu.
Juga head tube Plasma 7 lebih pendek daripada Plasma 5. Bila melihat perbedaan dua sepeda ini dari samping, terlihat jelas segitiga frame depan lebih kecil dibandingkan yang Plasma 5. Sehingga spacer untuk TT bar dan seatpost jadi lebih tinggi Plasma 7.
Bagian seat tube juga berubah. Tidak ada lagi bentuk wing di atas roda belakang. Bagian bottom bracket dibuat lebih kokoh Plasma 7 dibandingkan Plasma 5.
Bila dilihat dari depan, headtube Plasma 7 lebih lebar dan berbentuk jam gelas. Bila dibandingkan dengan milik Plasma 5. Terlihat juga seatstay sangat lebar mengangkang di Plasma 7 ini.
Wilier juga mengupgrade sepeda TT-nya, Turbine. Dengan tambahan SLR di belakang nama Turbine. Nampak memadukan antara ZeroSLR, sepeda climbingnya dengan sepeda TT.
Terlihat dari tampak samping bagian segitiga frame yang depan tidak berubah banyak. Sepertinya ini sepeda TT untuk climbing. Karena dibuat lebih ringan dengan pengaturan di bagian lay up karbonnya.
Garpu juga dibikin lebih sempit untuk memangkas bobot sepeda secara keseluruhan. Perubahan yang paling terlihat adalah bagian seat tube.
Tidak ada lagi bentuk aero seat tube yang melingkari roda belakang. Bagian seat tube mengadopsi desain seperti milik Filante SLR yang dipadu dengan seat clamp dari ZeroSLR. Bagian seat stay juga lebih tinggi bila dibandingkan Turbine lama.
Wilier mengklaim Turbine SLR ini lebih ringan 300 gram dan bisa menghemat satu detik saat digunakan di etape 2 Giro d’Italia lalu.
Advertisement