Ini Mekanksme Pemilihan Wasit di Liga 1
Jakarta: Menanggapi banyaknya keluhan terkait kinerja wasit di kompetisi Liga 1. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sudah berusaha untuk memilih wasit yang bertugas di Liga 1 dengan sebaik mungkin. Bahkan, mekanisme pemilihan wasit pun cukup rumit dan harus melalui lima pertimbangan.
Meski demikian, keluhan terhadap kinerja wasit pun terus bermunculan dari pekan pertama hingga pekan ke-13. Namun menurut Kepala Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy, pihaknya sudah berusaha sebaik mungkin untuk memilih wasit terbaik di setiap laga.
"Tidak mudah untuk menentukan wasit yang bertugas di setiap pertandingan, tapi kita ada beberapa ketentuan," terangnya, Senin (10/7).
Tigor menjelaskan aturan-aturan yang dilakukan untuk menempatkan wasit di setiap pertandingan. Pertama, wasit tidak boleh satu asosiasi provinsi dengan tim yang bertanding (bukan asal dia dari daerah situ, tapi asprovnya dia daftar dimana).
Kedua, dia tidak memimpin tim yang sama dalam kurun waktu empat pertandingan atau satu bulan.
Ketiga, ada aspek geografis, domisili dan venue pertandingan. Menurutnya, tidak mungkin wasit dari Aceh bertugas di Papua).
Keempat, subjektif dari liga terkait dengan status pertandingan high (beresiko tinggi) risk, normal atau no risk (tidak beresiko).
Kelima, ada parameter teknis. Kita meminta nama wasit dari PSSI dan kita anggap kualitas mereka sama. Tidak ada perbedaan kualitas karena menurut PSSI perangkat pertandingan di Liga 1 dan Liga 2 adalah yang terbaik sesuai dengan grade kompetisinya.
Tak cukup sampai di situ, ada pula pertimbangan teknik. Seperti dia pernah memimpin dimana, kemudian dilihat kemampuannya, karena itu berpengaruh dengan kinerja wasit.
"kita lihat historical wasit terhadap klub yang bersangkutan. Itu menjadi pertimbangan yang kita lakukan," tuturnya.
Tigor juga mencontohkan, misalnya ada satu wasit pernah bermasalah saat memimpin pertandingan X melawan Y. Itu bisa saja kita jadikan pertimbangan untuk menentukan wasit itu boleh atau tidak memimpin pertandingan. (trs)
Advertisement