Ini Kata Jorge Martin Soal Kemungkinan Pakai Plat Nomor 1 di MotoGP 2025 Bersama Aprilia
Saat merayakan gelar MotoGP di Barcelona pada hari Minggu, 17 November 2024, Jorge Martin dengan antusias memasang pelat nomor emas #1 yang baru dipasang di bagian depan motor Ducati Pramac miliknya.
Namun ketika berbicara setelah selebrasi tersebut, Martin mengelak menjawab langsung tentang apakah ia benar-benar akan memakai plat nomor 1 dan bukan nomor 89 yang biasa ia pakai, saat membalap untuk pabrikan Aprilia musim depan.
"Bagaimana menurutmu? Menurutku sekarang saatnya merayakan momen ini. Aku tidak ingin memikirkan tahun depan.” katanya sambil tersenyum saat menjawab pertanyaan wartawan.
"Hari ini kami adalah nomor satu dan kami akan mencoba merayakan juara hari ini juga! Saya ingin menikmati momen ini.”
“Kita punya waktu untuk memikirkan ini (#1) dan mari kita lihat.”
Martin akan melakoni debutnya bersama Aprilia MotoGP pada tes pasca balapan hari Selasa, 19 November 2024 di Barcelona.
Banyak yang meyakini Martin akan benar-benar mengambil alih nomor #1, yang sebelumnya dipakai Francesco Bagnaia di tim pabrikan Ducati selama dua musim terakhir, bukan hanya karena prestise dan nilai pemasaran yang akan dibawanya bagi Aprilia, tapi lebih pada faktor lain.
Maklum, sejak dimulainya era MotoGP tahun 2002, para juara dunia berbeda pendapat soal perebutan nomor plat 1. Beberapa di antaranya memilih untuk tetap memakai plat nomor lama karena alasan history, tapi juga ada yang memilih untuk menggunakannya.
Valentino Rossi (46), Marc Marquez (93), Joan Mir (36) dan Fabio Quartararo (20) mempertahankan nomor yang biasa mereka pakai saat mempertahankan gelar MotoGP, sementara Nicky Hayden, Casey Stoner dan Bagnaia beralih ke nomor #1.
Jorge Lorenzo melakukan keduanya, menggunakan nomor #1 setelah gelar MotoGP pertamanya pada tahun 2011 tetapi kemudian bertahan dengan nomor #99 pada tahun 2013 dan 2016.
Keberhasilan Bagnaia mempertahankan gelar pada tahun 2023 merupakan yang pertama dilakukan oleh pembalap dengan plat nomor 1 sejak Mick Doohan pada tahun 1998.
Lantas, akankah Martin akan memilih plat nomor 1 pada motor barunya dbersama Aprilia? Atau justru memakai nomor lama yang mengantarkannya menjadi juara dunia 2024? Mari kita nantikan!