Ini Alasan Mengapa Resort Ini Beralih Pakai Gas Bumi
PT Perusahaan Gas Negara, Tbk (PGN) melalui anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia menghadirkan Gaslink sebagai alternatif penggunaan gas. Pada Senin 18 November lalu lalu, PT Gagas Energi Indonesia di Batam telah melakukan Gas In atau proses penyaluran Gas pertama kali ke pelanggan baru dalam hal ini yaitu Montigo Resorts.
Disampaikan oleh Chief Engineering Montigo Resorts, Sukri, resorts yang berada di kawasan Nongsa tersebut sebelum beralih ke Gaslink sempat memakai gas elpiji 50 kg.
“Alasan mengapa kami beralih menggunakan Gaslink diantaranya yaitu untuk saving cost atau penghematan biaya kedua juga karena alasan safety atau keselamatan. PT Gagas Energy Indonesia sendiri punya tim safety yang siap sedia 24 jam, kalau pakai elpiji kan tim kita sendiri yang handle,” ujarnya, Kamis 21 November.
Sukri mengatakan, pihaknya bisa menghabiskan hingga 150 tabung gas ukuran 50 kg perbulannya. Dengan beralih ke Gaslink, pihaknya berharap mampu menghemat pengeluaran sebesar 20 persen.
“Untuk saat ini kita belum lihat perbedaannya setelah menggunakan Gaslink karena baru terpasang. Tapi tentu kita berharap bisa lebih hemat, karena kalau pakai elpiji masih ada gas yang tersisa, tidak bisa habis. Sementara kalau pakai Gaslink kita bayarnya sesuai dengan meteran,” katanya.
Tak hanya digunakan untuk operasional di dapur, Sukri mengatakan Montigo Resorts juga menggunakan Gaslink untuk operasional laundry.
“Jadi kita juga menggunakan Gaslink ini untuk laundry internal Montigo Resorts,” tegasnya.
Bertambahnya pengguna Gaslink di Batam, Area Head PT Gagas Energy Indonesia, Tria Siswandi mengatakan Montigo Resorts merupakan pelanggan ke 10 yang menggunakan Gaslink.
“Untuk sektor resorts, Montigo adalah pelanggan kami yang kedua,” ucapnya.
Tria mengatakan, beberapa persiapan yang dilakukan sebelum pemasangan Gaslink dilokasi tersebut diantaranya yaitu berkoordinasi bersama tim Montigo Resorts.
“Kita pada tahap pemasangan, melakukan mobilisasi peralatan PRS dan Craddle dari SPBG menuju lokasi Montigo Resorts dilanjutkan dengan proses instalasi peralatan,” jelasnya.
Sebelum dilakukan Gas In, Tria menjelaskan terlebih dahulu dilakukan PSSR atau Pre-Startup Safety Review dan Commisioning atau memastikan peralatan PRS dan Craddle tidak ada kebocoran dan berjalan dengan baik.
Proses tersebut ujar Tria dilakukan bersama dengan pelanggan, dalam hal ini yaitu Montigo Resort. Sejauh ini, Tria menyebut tidak ada kendala dilapangan. Sebab pihaknya bersama pihak Montigo Resorts telah berkoordinasi dengan baik.
Secara umum, penggunaan Gaslink bagi masyarakat selain adanya efisiensi dalam pengeluaran biaya energi sebesar 10 persen, Tria mengatakan PT. Gagas Energy Indonesia juga memberikan kemudahan dalam pelayanan supply kepada pelanggan, tak ketinggalan bagi Montigo Resorts.
“Untuk penyaluran, kami mempunyai tim distribusi dan operasi yang selalu standby untuk pelanggan. Sesuai dengan moto Gagas yaitu Brings Energi To You, kami siap kapan pun mengantarkan energi baik kepada seluruh pelanggan kami,” ujarnya.
Tria pun berharap, Gaslink bisa menjadi alternatif energi yang ramah lingkungan serta mambu membantu pelaku usaha untuk bisa terus tumbuh dan berinvestasi khususnya di Kota Batam.