Ini 6 Marketplace Terpopuler, Tokopedia dan Shopee Bersaing
Belanja online disebut meningkat dua kali lebih tinggi, selama Ramadhan, menurut data Asosiasi e-Commerce Indonesia (Idea). Data riset dari perusahaan monitoring media, Binokular, menemukan terdapat 6 marketplace yang sering muncul di media cetak, TV, dan online, selama Ramadhan. Melalui Data Lab, nama Tokopedia muncul sebagai marketplace terpopuler, disusul Shopee, Blibli, Lazada, dan JD.ID.
Tokopedia Terpopuler
Menggunakan big data tool, milik Binokular, Newstensity, Infogram menjaring 7.279 berita terkait marketplace selama periode 13 April – 12 Mei 2021, dalam siaran pers yang diterima Ngopibareng.id.
Berita tersebut terpublikasi di 860 media yang berdasarkan scope media, terdiri dari 375 media nasional dan 485 media lokal. Sementara, berdasarkan jenis media terdiri dari 139 media cetak, 717 media online, dan 4 media TV.
Berdasarkan news share atau pesebaran pemberitaan, Tokopedia mendapatkan posisi tertinggi dengan 44,0 persen (3.205 berita dari total 7.279 berita), disusul di posisi kedua, ada Shopee dengan 41,4 persen (3.012 berita).
Berikutnya, Blibli dengan 20,6 persen (1.501 berita), Bukalapak dengan 20,0 persen (1.454 berita), Lazada dengan 15,9 persen (1.157 berita), dan di posisi bontot ada JD.ID dengan 8,5 persen (617 berita).
Promo Shopee Paling Masif
Meski Tokopedia mendapatkan news share paling tinggi, untuk frekuensi pemberitaan paling masif soal program ataupun promo selama Ramadhan, justru diraih oleh Shopee.
Sejumlah promonya merajai frekuensi pemberitaan, seperti Big Ramadhan Sale dengan 268 berita, atau 3,7 persen dari seluruh total pemberitaan, kemudian Program Ekspor Shopee dengan 125 berita atau 1,7 persen, Shopee Pilih Lokal dengan 54 berita atau 0,7 persen, dan Program Cashback Shopee sebanyak 42 berita atau 0,6 persen, juga masuk dalam jajaran Top 10 program selama periode ini.
Gawai Kalahkan Kosmetik
Selain itu, Infogram juga melakukan riset tentang jenis produk yang paling populer, dalam pemberitaan marketolace di media.
Hasilnya, produk gawai atau gadget elektronik menjadi yang terpopuler dengan 25,3 persen, disusul produk kecantikan mencapai 6,4 persen, produl operator telekomunikasi sebesar 5,3 persen, produk pangan, kuliner, atau bahan makanan sebesaar 5,2 persen, dan produk perbankan sebesar 4,2 persen. Produk fashion tak masuk dalam lima jenis produk yang paling banyak diberitakan.
Lantaran produk gawai menempati posisi terpopuler, Infogram menilik lebih dalam tentang brand atau merek gawai yang paling populer. Samsung dan Huawei menjadi merek yang paling banyak dibahas, dengan masing-masing mencapai 3,9 persen dari total pemberitaan atau sebanyak 286 berita. Kemudian disusul Realme dengan 3,8 persen atau 274 berita, Oppo 3,4 persen dengan 251 berita, dan Xiaomi sebesar 3,2 persen, dengan 232 berita. Pemberitaan gadget ini umumnya tentang promosi produk mereka.
Media Online Paling Gencar Tulis Marketplace
Infogram juga menilik media mana yang gencar menulis tentang marketplace selama Ramadhan. Hasilnya platform media online menjadi yang paling gencar menulis tentang marketplace.
liputan6.com, disebut yang paling banyak memberitakan tentang marketplace dengan 189 berita. Media online berikutnya adalah ijn.co.id, detik.com, kompas.com, stylo.grid.id, tribunnews.com, kontan.co.id, sindonews.com, kumparan.com, dan yang paling akhir adalah antaranews.com.