IndiHome Gangguan, Pelanggan Tetap Bayar cuma Mundur 25 September
Gangguan IndiHome mulai melanda sejak Minggu 19 September sekitar pukul setengah enam sore. Sampai Senin pagi, yang naik bukan kecepatan internet melainkan emosi netizen. #gangguanIndiHome, #IndiHome, dan #Telkomsel bertengger di puncak trending Twitter Indonesia.
Tersendatnya layanan internet IndiHome mengganggu aktivitas masyarakat. Mulai dari kegiatan rapat daring, pembelajaran siswa sekolah yang beberapa tengah menjalani Ujian Tengah Semester, hingga Seleksi Kompetensi Bidang CPNS. Akibatnya, emosi pelanggan IndiHome sulit padam. Bahkan, sampai hari ini masih banyak orang yang mengeluhkan masalah ini.
Gangguan jaringan IndiHome dan Telkom terjadi karena ada gangguan pada Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jawa, Sumatera, Kalimantan (Jasuka) ruas Batam-Pontianak.
Sehubungan dengan adanya gangguan ini, Telkom akan memberikan kompensasi kepada pelanggan IndiHome terdampak. Kompensasi sesuai aturan yang berlaku sebagaimana tertuang dalam kontrak saat awal berlangganan sesuai dengan segmen pelanggan.
"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan," ujar Vice President Marketing Management Telkom, E Kurniawan.
Telkom menyebutkan saat ini gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.
"Kenyamanan pelanggan adalah fokus utama kami. Dan sejak tanggal 20 September Layanan telah dapat digunakan untuk kegiatan LFH dan WFH pelanggan. Tentunya Telkom pun tidak menginginkan terjadinya gangguan kabel laut yang mengakibatkan penurunan kualitas yang dirasakan pelanggan," tutur Kurniawan.
Agar layanan internet tetap berjalan, Telkom telah mengalihkan routing layanan ke network lainnya dan saat ini fokus untuk mempercepat perbaikan kabel laut Jasuka serta memberikan win win solution bagi pelanggan.
"Selain itu juga terkait dengan pembayaran tagihan IndiHome, Telkom akan memberlakukan kebijakan bebas denda dan pengunduran batas akhir pembayaran hingga 25 September 2021," jelas Kurniawan.
Seperti diketahui para pelanggan IndiHome biasanya mendapatkan SMS, WhatsApp hingga email dari Telkomsel untuk segera membayar tagihan dengan batas tanggal 20. Jika melewati tanggal pembayaran tersebut, pihak Telkom akan memutus jaringan internet pelanggan plus denda.