HRC Pasang Aero Winglet Baru dan Sasis Beda Untuk Takaaki
Repsol Honda Team dan tim satelitnya, LCR Honda sudah melaunching livery tim balap MotoGP 2022. Tetapi, mereka masih menggunakan motor dengan warna livery hitam (stealth mode livery) di hari pertama tes pra musim di Sirkuit Mandalika kemarin, Jumat, 11 Februari.
Meski begitu, yang perlu diperhatikan adalah bentuk fairing keempat racikan HRC (Honda Racing Corporation) ini. Mereka semua menggunakan aero winglet model baru dengan bilah penampang sayap yang besar dengan angel yang agresif.
Kedua variable ini akan memberikan dampak downforce yang lumayan besar untuk RC213V. Berbeda dengan saat tes pramusim pertama di Sirkuit Sepang pekan lalu, winglet ini tidak terus-terusan digunakan. Melainkan hanya sebentar saja.
Selain itu, ada lagi aero winglet kecil yang dipasang di samping fairing. Memang modelnya kecil, tetapi sudutnya sangat berperan dalam menentukan downforce kanan dan kiri juga.
Takaaki Nagami, ride dari tim LCR Honda ini menggunakan sasis berbeda dengan pembalap Honda lainnya. Takaaki menggunakan sasis yang didesain berdasarkan pada sasis Assen musim 2021 lalu. Engine mounting dibuat agar miring ke belakang untuk meningkatkan stabilitas roda belakang.
Sasis Takaaki ini berbeda dengan yang digunakan oleh Marc Marquez dan Pol Espargaro. Untuk tim Repsol Honda, sasis cenderung mengecil di atas girboks.
Sedangkan sasis milik Takaaki ini lebih lebar di bagian komstir. Ini gunanya memberikan kekakuan ekstra agar sesuai dengan gaya berkendara Takaaki. Dan ini berbeda dengan Marquez yang lebih fleksibel gaya berkendaranya.
Meskipun berbeda sasis, tetapi ini bukan harga mati. Sasis tidak termasuk dalam komponen yang pengembangannya dibekukan selama musim kompetisi berjalan. Jadi tim pengembangan di HRC masih berpotensi gonta ganti sasis sambil berjalannya seri MotoGP 2022.
Advertisement