Holeshot dan Ride Height Adjuster, Apakah itu?
Motor MotoGP 2022 akan dilengkapi dengan teknologi holeshot untuk suspensi depan dan belakang. Apa itu? Holeshot adalah perangkat untuk menurunkan ground clearance motor di bagian depan dan belakang.
Tujuannya, agar lebih stabil saat berakselerasi. Meminimalisir ban belakang spin dan mengurangi efek wheelie (ban depan terangkat saat akselerasi).
Karena terlalu banyak wheelie adalah titik lemah start. Ketika roda depan terangkat terlalu tinggi, power mesin akan dikurangi secara otomatis oleh perangkat elektronik. Agar motor masih bisa dikontrol dengan baik.
Meskipun dua perangkat, holeshot (yang hanya digunakan saat start balapan) dan ride height adjuster (yang dapat digunakan berulang kali) menggunakan teknologi yang sama, tetapi mereka menggunakan switch yang berbeda.
Ride height adjuster sering digunakan oleh pembalap terutama saat melibas tikungan lambat. Yang berlanjut ke trek lurus panjang. Tujuannya meningkatkan kestabilan saat menikung.
Maka akan sering terlihat pembalap melepas tangannya dari handle untuk mengaktifkan switch ride height adjuster ini di tengah balapan.
Holeshot ini sangat penting karena bisa mengurangi efek wheelie saat start. Setiap milimeter center of gravity bisa diturunkan akan membuat efek yang besar.
Sedangkan ride height adjuster sangat penting diaktifkan ketika melibas tikungan. Karena dengan center of gravity rendah membuat motor jadi lebih stabil terutama saat menginjak permukaan tidak rata.
Ride height adjuster ini bisa disetel manual artinya diaktifkan ketika ditekan. Atau disetel automatic. Artinya rider mengaktifkan ketika mau masuk tikungan dan otomatis akan rendah sendiri ketika akan keluar tikungan dan berakselerasi.
Ducati adalah satu-satunya tim di 2022 yang menggunakan ride height system yang bekerja bersamaan depan dan belakang saat pembalap keluar dari tikungan.