Helm Baru Specialized S-Works Evade 3, Prevail 3, dan TT5
Specialized mengeluarkan tiga helm baru. Semuanya sudah tampil di Tour de France yang akan berakhir 24 Juli mendatang. Mulai helm all round seperti S-Works Prevail 3, helm aero yakni S-Works Evade 3, dan helm S-Works TT5.
Di S-Works Evade 3, yang dikembangkan adalah sisi airflow-nya. Juga ada pengembangan di bagian belakang helm. Tim Specialized fokus pada memaksimalkan aliran udara dan meminimalkan hambatan udara di belakang. Sambil juga fokus pada kenyamanan penggunanya.
Bagian belakang terinspirasi dari mobil balap F1. Ditambah diffuser yang membuat ventilasinya bertambah 10 persen. Meminimalkan hambatan udara di bagian belakang. Terutama ketika penggunanya menoleh.
Bentuk Evade 3 ini lebih mengecil dibandingkan Evade 2. Dan di Evade 3 menggunakan Finite Element Analisis (FEA) untuk foam dan EPS-nya.
Dengan analisa ini, mereka bisa menentukan bagian mana yang perlu foam dan seberapa banyak. Serta densitas foam seberapa yang diperlukan untuk menjaga performa. Evade 3 menggunakan MIPS Air Node padding yang ramping dan simple.
Sedangkan untuk helm climbing dan all round, S-Works Prevail 3 juga memperoleh banyak perubahan. Teknologi terbaru yang dibenamkan adalah Air Cage dan Win Tunnel aero.
Tantangan terbesar dari Prevail 3 adalah membuat helm ini lebih berventilasi dibandingkan pendahulunya. Tetapi masih mempertahankan kekuatannya.
Tim Specialized mengurangi jembatan-jembatan yang ada di tengah helm. Agar menghilangkan hambatan udara.
Teknologi ini diberi nama AirCage. Jadi dipadukan dengan teknologi EPS yang membuat pemilihan foam lebih maksimal. Paduan ini membuat Prevail 3 memiliki proteksi yang lebih baik.
Bila terkena hantaman, AirCage ini bisa berfungsi sebagai suspension bridge. Yang bisa mendistribusikan berbagai tekanan ke seluruh bagian dari helm.
Terakhir, Specialized juga mengeluarkan helm time trial terbaru, TT5. Teori utamanya adalah, menutup telinga dan melindungi bahu.
Dengan bantuan program CFD, helm TT ini dibuat dengan posisi bagian belakang sedekat mungkin dengan bahu penggunanya. Bertujuan mengurangi hambatan udara.
Di helm TT5 ini juga ada semacam pelindung wajah (head sock) tujuannya untuk mempertahankan posisi optimal di kepala ketika berkendara. Head sock ini juga bisa berfungsi sebagai penyeka keringat.
Hasilnya, TT5 saat digunakan oleh Remco Evenepoel, dia bisa memangkas 26 detik dengan jarak time trial sejauh 40 km.
Advertisement