Hari Pertama Kerja, Bupati Banyuwangi Sidak Layanan Publik
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melakukan sidak layanan kesehatan dan layanan publik lain, Selasa, 16 April 2024. Sidak dilakukan tepat di hari pertama kerja pasca libur Lebaran tahun 2024 ini. Sidak ini guna mastikan layanan kepada masyarakat benar-benar telah berjalan normal.
Puskesmas Kertosari menjadi titik pertama yang disidak orang pertama di Pemkab Banyuwangi ini. Di tempat ini, Ipuk mengecek loket serta fasilitas layanan di tempat tersebut. "Kami ingin memastikan warga terlayani dengan baik," jelasnya.
Ipuk mengatakan, pada hari pertama kerja ini dirinya ingin mengecek secara langsung layanan kesehatan dan memastikan layanan berjalan dengan baik. Inspeksi itu sekaligus menyapa para tenaga kesehatan. "Kami mengapresiasi para nakes yang bekerja keras dan tidak libur selama arus mudik dan arus balik lebaran," ungkapnya.
Selama libur lebaran Pemkab Banyuwangi menyiagakan 1.071 tenaga kesehatan untuk pelayanan kesehatan. Ribuan nakes itu bertugas di pos-pos pelayanan kesehatan yang dibuka di sepanjang jalur mudik dan tempat pariwisata. Sebagian juga bersiaga di beberapa puskesmas dan rumah sakit yang buka selama 24 jam.
Setelah Puskesmas Kertosari, Ipuk menuju RSUD Blambangan. Ipuk berkeliling dan melihat layanan di sana. Di RSUD Blambangan, ruang tunggu terlihat ramai. Tidak hanya pasien, tapi juga dipenuhi keluarga pasien.
Ipuk menegaskan, selain memastikan layanan telah berjalan, sidak itu juga sebagai bahan evaluasi. Salah satu yang akan dievaluasi adalah terkait batasan jumlah pandamping pasien.
Untuk mengantisipasi padatnya pengunjung, akan dilakukan pembatasan jumlah pengantar atau pendamping. Sebab umumnya pasien diantar atau didampingi banyak orang. "Agar tidak terlalu padat di ruang tunggu. Apalagi sekarang pelayanan sudah dibuka semua," ungkapnya.
Masyarakat diminta untuk membiasakan daftar secara online dan datang sesuai jadwal yang telah ada. Agar ruang tunggu tidak terlalu penuh. Kondisi yang penuh orang akan mengurangi kenyamanan pasien itu sendiri.
Bupati juga memantau layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP). Tempat ini menjadi jujukan masyarakat yang hendak mengurus berbagai dokumen kependudukan dan perizinan. Di MPP Ipuk mengecek loket-loket pelayanan, guna memastikan semua sudah aktif dan para pengunjung terlayani dengan baik. “Antrean memang banyak, maklum setelah Lebaran memang seperti ini. Biasanya dimanfaatkan orang luar kota yang mudik untuk mengurus dokumennya,” ujarnya.