Hari Pertama Jalan, Penumpang Kereta Argo Semeru Capai 96 Persen
KA Argo Semeru yang baru diluncur PT KAI Indonesia sudah banyak menarik minat pelanggan. KA Surabaya - Gambir yang melewati Jogjakarta ini di hari pertama beroperasi, mengangkut 435 pelanggan.
Jumlah tersebut mengisi 96 persen dari total kapasitas sebanyak 450 tempat duduk. Setiap harinya, KA Argo Semeru terdiri dari 9 kereta kelas eksekutif dengan total kapasitas sebanyak 450 tempat duduk dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng jam 09.05 WIB.
Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI Sandry Pasambuna mengatakan, KA Argo Semeru berhenti di Stasiun kota besar yang dilewatinya, di antaranya, Stasiun Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon dan Stasiun Gambir dengan waktu tempuh 10 jam 35 menit.
"Pengoperasian KA Argo Semeru merupakan alternatif perjalanan bagi masyarakat dengan relasi Surabaya Gubeng - Gambir lewat jalur selatan pada pagi hari yang sebelumnya tidak ada. Sedang nama KA Argo Semeru terinspirasi dari gunung tertinggi di Pulau Jawa," paparnya.
Ia melanjutkan, pada tahap awal atau selama bulan Juni 2023, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Argo Semeru seharga Rp250.000. Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023.
Pelanggan dapat melihat jadwalnya di aplikasi KAI Access, web kai.id, atau kanal eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan peluncuran kereta api baru secara serentak pada 1 Juni 2023 di 4 stasiun yaitu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Jember.
Di samping itu, peluncuran 5 KA baru lainnya juga merupakan wujud dari komitmen KAI yang adaptif dan terus melakukan inovasi untuk peningkatan layanan transportasi berbasis rel.
“Diharapkan dengan pengoperasian kereta api baru ini dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dalam daya dukung kebangkitan ekonomi pasca pandemi, sekaligus meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” kata Sandry.
Untuk diketahui, masyarakat dapat membeli tiket KA tersebut pada aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI. Untuk informasi lebih lanjut terkait KA-KA baru tersebut serta layanan KAI, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.